Show simple item record

dc.contributor.advisorHanum, Farida
dc.contributor.advisorSupriyo, Prapto Tri
dc.contributor.authorLestari, Wahyu Dwi
dc.date.accessioned2023-06-30T03:33:30Z
dc.date.available2023-06-30T03:33:30Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120467
dc.description.abstractSimpang Empat Duren Sawit merupakan salah satu persimpangan yang arus lalu lintasnya cukup padat sehingga seringkali terjadi kemacetan pada simpang tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengoptimalkan fase dan durasi lampu lalu lintas sehingga dapat mengurangi kemacetan di Simpang Empat Duren Sawit. Pada penelitian ini, masalah pengaturan lampu lalu lintas pada Simpang Empat Duren Sawit dimodelkan sebagai masalah pewarnaan graf fuzzy dengan simpulnya yaitu arus kendaraan dan sisinya yaitu dua arus kendaraan yang dapat menimbulkan konflik lalu lintas. Berdasarkan hasil pewarnaan graf fuzzy dengan algoritma Welsh-Powell terdapat perbedaan fase lalu lintas antara hasil penelitian dengan hasil pengamatan. Penelitian ini juga menggunakan metode Webster untuk menentukan durasi lampu hijau maksimum dan menerapkan sistem inferensi fuzzy tipe Mamdani dengan bantuan software MATLAB R2014b untuk menentukan durasi lampu hijau setiap pendekat. Hasil keluaran dari sistem tersebut menunjukkan bahwa durasi lampu lalu lintas yang dihasilkan sistem inferensi fuzzy lebih optimal daripada sistem lalu lintas yang saat ini digunakan karena durasi lampu hijau yang dihasilkan dapat berubah secara adaptif sesuai dengan arus lalu lintas dan meminimalkan waktu tundaan rata-rata per kendaraanid
dc.description.abstractSimpang Empat Duren Sawit is one of the intersections where the traffic flow is quite heavy, so traffic jams often occur at the intersection. Therefore, this study aims to optimize the phase and duration of traffic lights to reduce congestion at Simpang Empat Duren Sawit. In this study, the problem of setting traffic lights at the Duren Sawit Simpang Empat is modeled as a fuzzy with the vertices, which are vehicle flows, and the sides are two vehicle flows that can cause traffic conflicts. Based on the results of fuzzy graph coloring with the Welsh-Powell algorithm, there are differences in traffic phase between the study results and observations. This study also uses the Webster method to determine the maximum green light duration. It applies fuzzy with the help of MATLAB R2014b software to select the green light duration for each approach. The system's output shows that the time of the traffic light generated by the fuzzy is more optimal than the current traffic system because the duration of the green light generated can change adaptively according to traffic flow and minimize the average delay time per vehicle.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePenerapan Graf Fuzzy pada Pengaturan Lampu Lalu Lintas di Simpang Empat Duren Sawit Jakarta Timurid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordfuzzy graphid
dc.subject.keywordgraph coloringid
dc.subject.keywordphaseid
dc.subject.keywordtraffic light durationid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record