Show simple item record

dc.contributor.advisorNeyman, Shelvie Nidya
dc.contributor.advisorAsfarian, Auzi
dc.contributor.authorAlFathan, Aslam
dc.date.accessioned2023-06-27T06:46:46Z
dc.date.available2023-06-27T06:46:46Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120321
dc.description.abstractPerkembangan fintech di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, pada m-Banking Jenius sendiri terjadi peningkatan sebanyak 65% pada tahun 2020, sedangkan pada BNI terjadi peningkatan kurang lebih sebanyak 70%. Peningkatan komplain pada kedua m-Banking tersebut juga meningkat cukup tinggi yang dapat disebabkan kurangnya kepuasan dalam pengalaman pengguna. Dikarenakan keseimbangan antara User Experience, Usability dan Security yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, analisis diperlukan untuk mengetahui ketiga nilai tersebut dalam aplikasi m-Banking. Penelitian ini dilakukan untuk membuat analisis keseimbangan tentang pengalaman, kegunaan dan keamanan pengguna menggunakan survey kepuasan pengguna yang diharapkan agar bermanfaat untuk acuan pengembangan aplikasi m-Banking kedepannya. Data akan didapatkan dari User Experience Questionnaire, System Usability Scale dan Security, lalu dibandingkan tingkat kepuasan konsumen dari ketiga aspek tersebut yang akan menghasilkan gambaran keseimbangan antara tiga aspek tersebut. Hasil penelitian yang didapat yaitu m-Banking Jenius cenderung lebih kecil pada bagian kebergunaan, sejalan dengan hasil UEQ-S bagian pragmatic quality dan SUS yang kurang baik, sedangkan m-Banking BNI cenderung lebih kecil di bagian hedonic quality, Pada bagian Security kedua m-Banking tersebut memiliki nilai yang tidak jauh berbeda, secara keseluruhan kedua m-Banking tersebut belum seimbang dikarenakan ada perbedaan signifikan antar aspeknyaid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Keseimbangan User Experience, Usability, dan Security Menggunakan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus m-Banking Jenius dan BNI)id
dc.title.alternativeAnalysis of the Balance of User Experience, Usability and Security Using Customer Satisfaction (Case Study m-Banking Jenius and BNI)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordm-Bankingid
dc.subject.keywordSecurityid
dc.subject.keywordSystem Usability Scale, User Experienceid
dc.subject.keywordUser Experience Questionnaireid
dc.subject.keywordCustomer Satisfactionid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record