Show simple item record

dc.contributor.advisorSukmawati, Anggraini
dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorKhaerizal, Hendra
dc.date.accessioned2023-06-12T04:36:29Z
dc.date.available2023-06-12T04:36:29Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118844
dc.description.abstractMenuju pencapaian menjadi Research Based University, IPB haruslah didukung oleh sumber daya fisik, sumber daya manusia, sistem manajemen kinerja dan penilaian kinerja yang terukur. Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) adalah tenaga kependidikan yang berperan penting dalam terselenggaranya kegiatan tridarma perguruan tinggi pada perguruan tinggi berbasis riset. Berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Ketenagakerjaan Negara Nomor 02/V/PB/2010, penilaian kinerja PLP haruslah berdasarkan kepada kompetensi dan kegiatan yang menunjang kompetensinya dapat disesuaikan menjadi angka kredit untuk menentukan jabatan fungsionalnya. Tolak ukur penilaian kinerja PLP IPB belum dapat mengambarkan penilian kompetensi PLP karena hanya berdasarkan empat kriteria yaitu: 1) kehadiran, 2) produktifitas, 3) perilaku kerja dan 4) penilaian unit kerja/lembaga terkait di IPB. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan Human Resource Scorecard (HRSC), Analytical Hierarky Prosess (AHP), dan mengunakan software expert choice 11 sebagai alat untuk menentukan prioritas indikator kinarja kunci. Data yang digunakan adalah data primer yang merupakan hasil wawancara terhadap 4 orang pakar yang memiliki kapabilitas dalam sasaran strategis IPB, manajemen kinerja, laboratorium dan PLP. Implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaa Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) di IPB saat ini adalah penyetaraan jabatan fungsional PLP bagi Tenaga Laboran/teknisi laboran pendidik di lingungan IPB. Tahun 2014, IPB sedang dalam proses penyusunan analisis pekerjaan untuk PLP yang sesuai dengan kebutuhan IPB berdasarkan ketentuan pemerintah dan perundangan yang berlaku. Peta strategis sistem penilaian kinerja PLP melalui pendekatan HR Scorecard tersusun menjadi 4 (empat) Perspektif yaitu : 1) perspektif costumer excellences, 2) perspektif operational excellences, 3) perpektif competency development dan 4) perspektif financial excellences. Dalam mencapai tujuan IPB melalui kinerja PLP ditetapkan 9 (sembilan) sasaran strategis kinerja dan 13 Indikatori Kinerja Kunci (IKK) dan 31 indikator Kinerja (IK). Prioritas utama kinerja pada rancangan sistem penilaian kinerja PLP IPB adalah Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi khususnya pelayanan pendidikan kepada mahasiswa, tercermin dari bobot prioritas tertinggi pada perspektif costumer excellences yaitu 0.564. Prioritas sasaran strategi dalam penilaian kinerja PLP di IPB adalah: 1) Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan (0.411), 2) Peningkatan Kualitas dan kuantitas Sertifikasi PLP (0.130), 3) Peningkatan Kuantitas dan kualitas Karya Ilmiah PLP (0.102).id
dc.language.isoidid
dc.titleRancangan Sistem Penilaian Kinerja Pranata Laboratorium Pendidikan di Institut Pertanian Bogor melalui Pendekatan Human Resource Scorecardid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordHuman Resource Scorecardid
dc.subject.keywordIndikator Kinerja Kunciid
dc.subject.keywordKinerjaid
dc.subject.keywordPenilaian Kinerjaid
dc.subject.keywordPLPid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record