Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Roti Unyil Venus Di Bogor
View/ Open
Date
2011Author
Mekaniwati, Ani
Suharjo, Budi
Pandjaitan, Nora H
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada saat ini, di wilayah Bogor dan sekitarnya banyak terdapat industri roti dengan berbagai merek dan keunggulannya. Berdasarkan data yang diperoleh dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan kota Bogor selama tahun 2008 sampai dengan tahun 2009 terdapat 47 industri roti yang terdiri dari 42 industri roti skala kecil dan 5 industri roti yang termasuk skala menengah dan besar. Salah satu industri roti yang berkembang dan patut mendapat perhatian dari pemerintah kota Bogor adalah industri roti unyil Venus. Industri ini merupakan pelopor pembuat roti dengan bentuk yang unik yaitu kecil. Dalam rangka menghadapi persaingan yang ketat maka perlu dilakukan upaya untuk memperbesar pasar (customer acquisition) dan memperthankan pelanggan (customer retention) roti unyil Venus. Hal ini ditujukan untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader dalam industri yang bersifat unik yaitu dengan memahami secara mendalam profil dan perilaku dari konsumennya dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Sehubungan dengan itu maka tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah (1)mengidentifikasi karakteristik konsumen roti unyil Venus (2) mengkaji perilaku konsumen roti unyil Venus (3) mengukur tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen roti unyil Venus (4) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen roti unyil Venus (5) menganalisis model hubungan antara tingkat kepuasan dan loyalitas roti unyil Venus (6) menyusun strategi yang tepat untuk merekomendasikan kepada perusahaan. Data yang digunakan dalam kajian ini adalah data primer dan sekunder.
Data diperoleh dari 100 orang responden. Analisis yang digunakan adalah (1) Descriptive analysis (2) Top two boxes index, (3) Penalt reward analysis, (4) Metode Analisis Diagonal (Suharjo Split), (5) Thurstone, (6) Metode Structural Equation Modeling (SEM).
Berdasarkan hasil analisis diketahui karakteristik mayoritas konsumen roti unyil Venus berdasarkan demografi yaitu: sebagian besar konsumen adalah perempuan (58%) dan berusia antara 21 – 25 tahun (31%) serta sebagian besar bekerja sebagai karyawan swasta. Mereka memiliki penghasilan antara Rp 1.000.000,- – Rp 4.000.000,- per bulan dengan jenjang pendidikan terakhir SLTA. Konsumen umumnya berstatus sebagai anak dalam keluarga dengan jumlah anggota keluarga kurang dari 4 orang.
Dari analisis perilaku diperoleh bahwa tujuan utama konsumen membeli roti unyil adalah untuk konsumsi sendiri. Di atas 80% konsumen telah mengetahui jenis roti unyil, dengan urutan berdasarkan jenis roti yang paling disukai adalah roti pisang keju, roti coklat, roti jagung, tabur sosis keju dan roti meises. Konsumen sebagian besar membeli di outlet pusat jalan raya Pajajaran. Sumber informasi utama mengenai produk roti unyil Venus berasal dari teman dan keluarga.Konsumen melakukan pembelian dalam satu ..dst
Collections
- MT - Professional Master [880]