Strategi pengembangan ekonomi kreatif Kota Sukabumi
View/ Open
Date
2015Author
Nurmilah, Risma
Anggaerni, Lukytawati
Novianti, Tanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi yang diperlukan untuk pembangunan suatu wilayah. Ketersediaan sumber daya manusia yang melimpah dapat ditransformasikan menjadi orang kreatif, yang akan menciptakan nilai tambah yang besar terhadap sumber daya alam dan budaya setempat. Ekonomi kreatif mengandalkan ide dan stock of knowledge dari sumber daya manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. Makna kreativitas dapat dilihat sebagai kapasitas atau daya upaya untuk menghasilkan sesuatu yang unik, menciptakan solusi dari suatu masalah. Kreativitas merupakan faktor pendorong munculnya inovasi dengan memanfaatkan penemuan yang sudah ada. Kreativitas tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi dapat juga meningkatkan nilai tambah. Ekonomi kreatif dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, karena ide dan kreativitas adalah sumber daya yang senantiasa dapat diperbaharui.
Menurut UNDP (2008) ekonomi kreatif merupakan bagian integrasi dari pengetahuan yang bersifat inovatif, pemanfaatan teknologi secara kreatif, dan budaya. Cakupan ekonomi kreatif sebagian besar merupakan sektor ekonomi yang tidak membutuhkan skala produksi dalam jumlah besar, tidak seperti industri manufaktur yang berorientasi pada kuantitas produk, ekonomi kreatif lebih bertumpu pada kualitas SDM. Ekonomi kreatif justru lebih banyak muncul dari kelompok industri kecil menengah (IKM), walaupun tidak menghasilkan produk dalam jumlah banyak, ekonomi kreatif mampu memberikan kontribusi positif yang cukup penting terhadap pembangunan perekonomian nasional. dst ..
Collections
- MT - Economic and Management [2879]