Faktor-faktor penentu cara penjualan bandeng budidaya tambak di Jawa Barat Indonesia
View/ Open
Date
2016Author
Mahfudlotul'ula, Mahfudlotul'ula
Kusnadi, Nunung
Rifin, Amzul
Metadata
Show full item recordAbstract
Keputusan petani bandeng menjual produknya ke farmgate atau travelling
menjadi keputusan yang penting untuk dilakukan karena keputusan tersebut akan
mempengaruhi pendapatan yang diterima petani. Petani bandeng yang memiliki
akses informasi pasar pada umumnya akan memilih cara penjualan yang
menguntungkan bagi mereka. Cara penjualan yang menguntungkan diduga ialah
penjualan melalui travelling karena penjualan bandeng melalui travelling
menawarkan harga yang lebih tinggi dibanding penjualan di farmgate. Namun
berdasarkan data Sensus Pertanian tahun 2013 menunjukkan bahwa petani
bandeng sebesar 89 persen menjual bandeng di farmgate. Hal ini menjadi dasar
pertanyaan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi petani dalam memilih cara
penjualan bandeng? Dengan demikian tujuan dari penelitian adalah untuk
menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi petani bandeng dalam
memilih cara penjualan. Milkfish farmers’ decision to sell their product at the farmgate or through
traveling is an important decision. It is because the decision will affect the farmers’
income. Milkfish farmers who have access to market information generally will
choose the most profitable way of sale for them. The most profitable way of sale
allegedly is selling through traveling, because selling through traveling offers
higher price than farmgate price. Nevertheless, data of Census of Agriculture 2013
showed that 89 percent of milkfish farmers sell their products at farmgate. This
became a question of what factors are affecting milkfish farmers in choosing to
whom they sell their products? The objectives of this study to analyze factors that
influence how milkfish farmers selling milkfish.
Collections
- MT - Economic and Management [2879]