dc.description.abstract | Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia merubah tatanan kehidupan di semua
sektor kehidupan. Covid-19 terdeteksi terjadi di Indonesia sejak awal tahun 2020
dengan efek yang ditimbulkan secara meluas sehingga disebut dengan pandemi.
Kejadian ini membuat pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan untuk
upaya pencegahan penyebaran penyakit yang lebih luas. Salah satu kebijakan yang
diambil adalah kebijakan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) dan
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Terbatasnya kegiatan
masyarakat memberikan dampak terhadap perilaku dalam memenuhi kebutuhan
dasar hidup. Kebijakan tersebut memiliki dampak pada sektor pertanian yaitu
distribusi hasil pertanian yang termasuk juga hasil peternakan (daging, susu dan
telur) (Rangga et al. 2020). Sektor pertanian yang mengalami gangguan dapat
berdampak pada produksi dan konsumsi pangan menjadi tidak stabil (Sadiyah
2021).
Memahami efek domino yang terjadi akibat Covid-19 di Indonesia, kondisi
ini memberikan dampak terhadap seluruh generasi. Generasi di Indonesia ada 6
(enam) generasi yaitu Post Generasi Z (Post Gen Z), Generasi Z (Gen Z), Generasi
Y atau Milenial, Generasi X (Gen X), Baby Boomer, dan Pre-Boomer. Generasi Y
atau generasi milenial merupakan generasi yang mendominasi secara populasi
setelah generasi Z yaitu sebesar 69.38 juta jiwa (25.87%) (BPS 2021). Secara
ekonomi, generasi milenial sangat memegang peranan penting dalam roda
perekonomian karena sedang dalam usia produktif yaitu berusia 24 – 39 tahun. Oleh
karena itu, setiap langkah yang diambil oleh generasi milenial akan memberikan
dampak yang signifikan terhadap bisnis.
Generasi milenial merupakan generasi yang memiliki keterampilan dalam
digital. Hal tersebut karena penetrasi digital sudah tinggi pada saat generasi milenial
masih relatif sangat muda sehingga mereka sudah familiar dengan digital ekosistem
seperti penggunaan sosial media serta aplikasi market place dalam pemenuhan
kebutuhan hidup. Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi tidak terkecuali
memberikan peran digital menjadi sangat vital untuk generasi milenial dalam
melakukan kegiatan sehari-hari termasuk pemenuhan kebutuhan bahan pokok
termasuk produk peternakan seperti daging, susu dan telur. dst... | id |