View Item 
      •   IPB Repository
      • IPBana
      • Research Report
      • Research Report
      • View Item
      •   IPB Repository
      • IPBana
      • Research Report
      • Research Report
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Peningkatan Pengguna Aplikasi Online Pada Milenial Dalam Pembelian Produk Peternakan Selama Pandemi Covid-19 Di Indonesia

      Thumbnail
      View/Open
      Laporan (730.7Kb)
      Date
      2022
      Author
      Dewi, Sari Putri
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia merubah tatanan kehidupan di semua sektor kehidupan. Covid-19 terdeteksi terjadi di Indonesia sejak awal tahun 2020 dengan efek yang ditimbulkan secara meluas sehingga disebut dengan pandemi. Kejadian ini membuat pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan untuk upaya pencegahan penyebaran penyakit yang lebih luas. Salah satu kebijakan yang diambil adalah kebijakan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Terbatasnya kegiatan masyarakat memberikan dampak terhadap perilaku dalam memenuhi kebutuhan dasar hidup. Kebijakan tersebut memiliki dampak pada sektor pertanian yaitu distribusi hasil pertanian yang termasuk juga hasil peternakan (daging, susu dan telur) (Rangga et al. 2020). Sektor pertanian yang mengalami gangguan dapat berdampak pada produksi dan konsumsi pangan menjadi tidak stabil (Sadiyah 2021). Memahami efek domino yang terjadi akibat Covid-19 di Indonesia, kondisi ini memberikan dampak terhadap seluruh generasi. Generasi di Indonesia ada 6 (enam) generasi yaitu Post Generasi Z (Post Gen Z), Generasi Z (Gen Z), Generasi Y atau Milenial, Generasi X (Gen X), Baby Boomer, dan Pre-Boomer. Generasi Y atau generasi milenial merupakan generasi yang mendominasi secara populasi setelah generasi Z yaitu sebesar 69.38 juta jiwa (25.87%) (BPS 2021). Secara ekonomi, generasi milenial sangat memegang peranan penting dalam roda perekonomian karena sedang dalam usia produktif yaitu berusia 24 – 39 tahun. Oleh karena itu, setiap langkah yang diambil oleh generasi milenial akan memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis. Generasi milenial merupakan generasi yang memiliki keterampilan dalam digital. Hal tersebut karena penetrasi digital sudah tinggi pada saat generasi milenial masih relatif sangat muda sehingga mereka sudah familiar dengan digital ekosistem seperti penggunaan sosial media serta aplikasi market place dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi tidak terkecuali memberikan peran digital menjadi sangat vital untuk generasi milenial dalam melakukan kegiatan sehari-hari termasuk pemenuhan kebutuhan bahan pokok termasuk produk peternakan seperti daging, susu dan telur. dst...
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117087
      Collections
      • Research Report [244]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository