Analisis Daya Saing Komoditas Kayu Energi (Fuel Wood) Indonesia di Pasar Internasional.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing dari produk kayu
sebagai sumber energi baik secara komparatif dan kompetitif serta faktor-faktor
yang memengaruhi ekspor komoditas kayu energi Indonesia di pasar internasional
pada periode 2015-2019. Produk kayu energi yang diteliti yaitu 440122 dan
440131. Penelitian ini menggunakan tiga metoda yaitu Metode Revealed
Comparative Advantage (RCA) yang digunakan untuk menganalisis keunggulan
komparatif atau daya saing ekspor suatu negara pada suatu komoditas terhadap
dunia. Metode Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) merupakan metode yang
ditujukan untuk mengukur potensi suatu negara. Metode CMS merupakan metode
yang ditujukan untuk mengukur dinamika tingkat daya saing atau keunggulan
suatu negara atau industri. Hasil penelitian ini memperlihatkan daya saing produk
kayu energi Indonesia periode 2015 - 2019 dilihat dari keunggulan komparatif dan
keunggulan kompetitif. Produk kayu energi secara keseluruhan memiliki daya
saing yang cukup kuat dan masuk kedalam tahap pematangan. Kayu dalam bentuk
Chips atau partikel memiliki daya saing komparatif yang sangat kuat sementara
pelet kayu memiliki daya saing kompetitif yang sangat tinggi. Faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan ekspor produk kayu energi (fuel wood) Indonesia di
pasar dunia adalah faktor pertumbuhan standard. This study aims to analyze the competitiveness of wood products as an
energy source both comparatively and competitively as well as the factors that
affect Indonesia's export of fuel wood commodities in the international market in
the 2015-2019 period. The fuel wood comodities studied are 440122 and440131.
This study using three methods, namely Revealed Comparative Advantage (RCA)
method which is used to analyze the comparative advantage or competitiveness of
a country's exports of commodity against the world. The Trade Specialization
Index (ISP) method is a method intended to measure potential. The CMS method
is a method aimed at measuring the dynamics of the level of competitiveness or
excellence of a country or industry. The results of the study show that the
competitiveness of Indonesian energy wood products for the 2015 - 2019 period is
seen from comparative advantages and competitive advantages. Energy wood
products as a whole have a fairly strong competitiveness and are entering the
maturation stage. Wood in the form of chips or particles has a very strong
comparative competitiveness while wood pellets have a very high competitive
competitiveness. The factor influencing the export growth of Indonesia's energy
wood products (fuel wood) in the world market is the standard growth factor.
Collections
- UT - Forestry Products [2347]