Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.advisorMunandar, Jono Mintarto
dc.contributor.authorPutranto, Eko Aji
dc.date.accessioned2022-09-23T08:39:43Z
dc.date.available2022-09-23T08:39:43Z
dc.date.issued2022-08
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114634
dc.description.abstractUsaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah unit usaha produktif yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha disemua sektor ekonomi dan menjadi salah satu kekuatan pendorong dalam pembangunan perekonomian di Indonesia. Sebagian besar peningkatan perekonomian di Indonesia saat ini didominasi oleh perkembangan UMKM, karena berpotensi besar sebagai penggerak roda perekonomian, penyerapan tenaga kerja, menjadi sumber pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berkontribusi dalam pembentukan PDB secara signifikan, dan menambah cadangan devisa negara dengan nilai ekspor yang tinggi. Kondisi ini diperkuat dari berbagai data empiris yang mendukung dan menyebutkan bahwa keberadaan UMKM cukup dominan di dalam perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UMKM tas di Desa Bojong Rangkas, (2) menganalisis pendekatan entreprenerial marketing terhadap kinerja pemasaran pada UMKM tas di Desa Bojong Rangkas, (3) menganalisis pendekatan enterprenerial marketing terhadap keberlanjutan usaha pada UMKM tas di Desa Bojong Rangkas, (4) menganalisis pengaruh kinerja pemasaran terhadap keberlanjutan usaha pada UMKM tas di Desa Bojong Rangkas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan metode sensus. Pelaku usaha sebanyak 80 orang di Desa Bojong Rangkas dilibatkan sebagai sampel penelitian. Proses pengumpulan data dilakukan terhadap pelaku usaha dengan menggunakan kuesioner selama kurang lebih 30 hari. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik pelaku usaha dan profil usaha tas. Sementara itu, structural equation model-partial least square (SEM-PLS) digunakan untuk mengaproksimasi dan menguji pengaruh antar variabel seperti orientasi pasar, entrepreneurial marketing, kinerja pemasaran, dan keberlanjutan usaha. Pada penelitian ini software smartPLS akan digunakan untuk mendukung dalam menghitung dan menganalisis data. Hasil-hasil dari studi ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran, dan kinerja pemasaran terhadap keberlanjutan usaha. Namun, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari entrepreneurial marketing terhadap keberlanjutan usaha. Hal ini berimplikasi bahwa orientasi pasar dan entrepreneurial marketing adalah faktor-faktor yang menentukan orientasi pasar dan faktor-faktor tersebut harus dipertimbangkan oleh pelaku usaha dalam UMKM tas.id
dc.language.isoenid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Orientasi Pasar Dan Pendekatan Entrepreneurial Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran Dan Keberlanjutan Usaha UMKM Tas.id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordbag’s micro small and medium enterprisesid
dc.subject.keywordbusiness sustainabilityid
dc.subject.keywordentrepreneurial marketingid
dc.subject.keywordmarket orientationid
dc.subject.keywordmarket performanceid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record