dc.description.abstract | Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah unit usaha produktif
yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha disemua sektor ekonomi dan
menjadi salah satu kekuatan pendorong dalam pembangunan perekonomian di
Indonesia. Sebagian besar peningkatan perekonomian di Indonesia saat ini
didominasi oleh perkembangan UMKM, karena berpotensi besar sebagai
penggerak roda perekonomian, penyerapan tenaga kerja, menjadi sumber
pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berkontribusi dalam
pembentukan PDB secara signifikan, dan menambah cadangan devisa negara
dengan nilai ekspor yang tinggi. Kondisi ini diperkuat dari berbagai data
empiris yang mendukung dan menyebutkan bahwa keberadaan UMKM cukup
dominan di dalam perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UMKM
tas di Desa Bojong Rangkas, (2) menganalisis pendekatan entreprenerial
marketing terhadap kinerja pemasaran pada UMKM tas di Desa Bojong
Rangkas, (3) menganalisis pendekatan enterprenerial marketing terhadap
keberlanjutan usaha pada UMKM tas di Desa Bojong Rangkas, (4)
menganalisis pengaruh kinerja pemasaran terhadap keberlanjutan usaha pada
UMKM tas di Desa Bojong Rangkas.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif yaitu menggunakan metode sensus. Pelaku usaha sebanyak 80 orang
di Desa Bojong Rangkas dilibatkan sebagai sampel penelitian. Proses
pengumpulan data dilakukan terhadap pelaku usaha dengan menggunakan
kuesioner selama kurang lebih 30 hari. Analisis deskriptif digunakan untuk
mendeskripsikan karakteristik pelaku usaha dan profil usaha tas. Sementara itu,
structural equation model-partial least square (SEM-PLS) digunakan untuk
mengaproksimasi dan menguji pengaruh antar variabel seperti orientasi pasar,
entrepreneurial marketing, kinerja pemasaran, dan keberlanjutan usaha. Pada
penelitian ini software smartPLS akan digunakan untuk mendukung dalam
menghitung dan menganalisis data.
Hasil-hasil dari studi ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, entrepreneurial
marketing terhadap kinerja pemasaran, dan kinerja pemasaran terhadap
keberlanjutan usaha. Namun, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari
entrepreneurial marketing terhadap keberlanjutan usaha. Hal ini berimplikasi
bahwa orientasi pasar dan entrepreneurial marketing adalah faktor-faktor yang
menentukan orientasi pasar dan faktor-faktor tersebut harus dipertimbangkan
oleh pelaku usaha dalam UMKM tas. | id |