Analisis Daya Saing Ekspor Produk Rotan Indonesia di Pasar Internasional Periode 2017- 2021
Abstract
Indonesia merupakan negara eksportir utama produk rotan di dunia, namun
persaingan cukup berat dari negara China yang menggunakan rotan sintetis perlu
diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing komparatif
dan kompetitif serta faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan ekspor
produk rotan Indonesia periode 2017-2021. Metode yang digunakan berturut-turut
adalah Revealed Comparative Advantage, Indeks Spesialisasi Perdagangan, dan
Constant Market Share. Hasil penelitian menunjukkan ekspor produk rotan
Indonesia periode 2017-2021 memiliki keunggulan komparatif yang kuat yang
ditunjukkan oleh nilai indeks Revealed Comparative Advantage berkisar 11,38-
80,63, dan memiliki keunggulan kompetitif dan berada pada tahap kematangan
yang ditunjukkan oleh nilai Indeks Spesialisasi Perdagangan berkisar 0,89-1.
Analisis CMS menunjukkan bahwa faktor pertumbuhan standar, komposisi
komoditas, dan distribusi pasar berpengaruh positif, sedangkan faktor daya saing
berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekspor produk rotan Indonesia periode
2017-2021. Indonesia is a major exporter of rattan products in the world, but competition
from China which uses synthetic rattan needs to be considered. This study aims to
analyze the comparative and competitive advantages as well as factors affecting the
growth of Indonesian rattan product exports in the period 2017-2021. The methods
used are, respevtively, Revealed Comparative Advantage, Trade Specialization
Index, and Constant Market Share. The results showed that the export of Indonesian
rattan products for the 2017-2021 period had a strong comparative advantage as
indicated by the Revealed Comparative Advantage index value ranging from 11.38-
80.63, and a competitive advantage at the maturity stage as indicated by the Trade
Specialization Index value ranging from 0.89-1. CMS analysis showed that general
increase in world exports, commodity composition, and market distribution had
positive effects, while the competitiveness factor had a negative effect on the
growth of Indonesia's rattan product exports for the 2017-2021 period.
Collections
- UT - Forest Products [2310]