Show simple item record

dc.contributor.advisorCahyadi, Eko Ruddy
dc.contributor.advisorSlamet, Alim Setiawan
dc.contributor.authorPuradiredja, Sena Pasha
dc.date.accessioned2022-08-29T08:23:17Z
dc.date.available2022-08-29T08:23:17Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114180
dc.description.abstractSelama pandemi COVID-19 diterapkan program belajar dari rumah (BDR) secara daring. Peran teknologi menjadi penting karena digunakan sebagai media pembelajaran, dan kemandirian belajar juga berperan penting, karena minimnya kehadiran dosen. Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh teknologi terhadap kemandirian belajar dan capaian pembelajaran mahasiswa. Responden yang akan diteliti adalah mahasiswa IPB strata sarjana dengan pembagian dua kelompok keilmuan yaitu humaniora dan sains. Analisis hubungan antar variabel menggunakan structural equation model - partial least square. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketergunaan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Selanjutnya, Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap capaian pembelajaran. Sedangkan variabel ketergunaan teknologi berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap capaian pembelajaran, yang berarti ketergunaan teknologi dapat meningkatkan capaiaan pembelajaran mahasiswa melalui kemandirian belajar.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Ketergunaan Teknologi dan Kemandirian Belajar Terhadap Capaian Pembelajaran Saat Program Belajar dari Rumah di Lingkungan Mahasiswa IPB.id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordIndependenceid
dc.subject.keywordLearning outcomeid
dc.subject.keywordTechnologyid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record