dc.description.abstract | Selama pandemi COVID-19 diterapkan program belajar dari rumah (BDR) secara daring. Peran teknologi menjadi penting karena digunakan sebagai media pembelajaran, dan kemandirian belajar juga berperan penting, karena minimnya kehadiran dosen. Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh teknologi terhadap kemandirian belajar dan capaian pembelajaran mahasiswa. Responden yang akan diteliti adalah mahasiswa IPB strata sarjana dengan pembagian dua kelompok keilmuan yaitu humaniora dan sains. Analisis hubungan antar variabel menggunakan structural equation model - partial least square. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketergunaan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Selanjutnya, Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap capaian pembelajaran. Sedangkan variabel ketergunaan teknologi berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap capaian pembelajaran, yang berarti ketergunaan teknologi dapat meningkatkan capaiaan pembelajaran mahasiswa melalui kemandirian belajar. | id |