Show simple item record

dc.contributor.advisorHardhienata, Medria Kusuma Dewi
dc.contributor.advisorPriandana, Karlisa
dc.contributor.authorAminata, Arya
dc.date.accessioned2022-08-26T00:00:43Z
dc.date.available2022-08-26T00:00:43Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114077
dc.description.abstractPermasalahan yang muncul dalam pengoperasian robot adalah permasalahan pemetaan (mapping) lingkungan yang belum diketahui dan penghindaran tabrakan (collision avoidance). Salah satu metode mapping adalah Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) yang menggunakan informasi dari sensor LiDAR. Dalam hal penghindaran tabrakan dan perencanaan perjalanan, algoritme yang banyak digunakan adalah Bug 1 Algorithm dan Bug 2 Algorithm. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Bug 1 dan Bug 2 Algorithm untuk melakukan penghindaran rintangan dan mengintegrasikannya dengan metode SLAM pada Turtlebot. Implementasi kedua algoritme dilakukan dengan simulasi menggunakan Robot Operating System (ROS) untuk menguji kemampuan Turtlebot melakukan mapping dan mencapai target. Pengujian dilakukan menggunakan empat model lingkungan. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa Bug 1 Algorithm memiliki kinerja lebih baik dalam melakukan mapping dibandingkan Bug 2 Algorithm. Hal ini ditunjukkan dengan nilai persentase coverage mapping Bug 1 Algorithm sebesar 77.77%, sedangkan Bug 2 Algorithm sebesar 52.77%. Namun, Bug 2 Algorithm dapat melakukan penghindaran tabrakan dan mencapai target lebih baik dibandingkan Bug 1 Algorithm yang ditunjukkan dengan nilai persentase keberhasilan Turtlebot sebesar 100%. Selain itu, Turtlebot yang menggunakan Bug 1 Algorithm dapat mencapai target dalam waktu rata – rata 21 menit 1 detik sedangkan menggunakan Bug 2 Algorithm memerlukan waktu rata – rata 5 menit 50 detik.id
dc.description.abstractProblems that arise in operation robot are mapping unknown environment and collision avoidance problem. One mapping method is Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) which uses information from LiDAR sensor. In terms of collision avoidance and path planning, most widely used algorithms are Bug 1 Algorithm and Bug 2 Algorithm. The purpose of this study is to develop and implement Bug 1 and Bug 2 Algorithms to avoid obstacles and integrate them with SLAM method on Turtlebot. The implementation of two algorithms is carried out by simulation using Robot Operating System (ROS) to test Turtlebot's ability to map and reach target. Tests were carried out using four environmental models. Based on test results, it is concluded that Bug 1 Algorithm had better performance in mapping than Bug 2 Algorithm. This is indicated by percentage value of coverage mapping of Bug 1 Algorithm is 77.77%, while Bug 2 Algorithm is 52.77%. However, Bug 2 Algorithm can do collision avoidance and reach target better than Bug 1 Algorithm which is indicated by Turtlebot success percentage value is 100%. In addition, Turtlebot using Bug 1 Algorithm can reach target in average of 21 minutes 1 second while using Bug 2 Algorithm it takes average of 5 minutes 50 seconds.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengembangan Metode Collision Avoidance dalam Permasalahan Mapping pada Turtlebot menggunakan Sensor LiDARid
dc.title.alternativeDevelopment of Collision Avoidance Method in Mapping Problems on Turtlebot using LiDAR Sensorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordcollision avoidanceid
dc.subject.keywordmappingid
dc.subject.keywordturtlebotid
dc.subject.keywordbug 1 algorithmid
dc.subject.keywordbug 2 algorithmid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record