Strategi Pengembangan Ekowisata pada Unplanned Tourism Business di Kabupaten Tasikmalaya
Date
2022-07-15Author
Gunawan, Muhammad Indra
Sunarminto, Tutut
Sudradjat, Adjat
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendataan jumlah pasti terkait wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Tasikmalaya belum ada, hal ini dikarenakan banyaknya objek dan potensi wisata. Objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya terdaftar di Disparpora Kabupaten Tasikmalaya dan Disparbud Provinsi Jawa Barat. Tapi, terdapat objek maupun potensi wisata yang belum terdata, tumbuh dari wisatawan atau masyarakat lokal yang kemudian disebut unplanned tourism business. Tujuan penelitian secara umum untuk menghasilkan strategi pengembangan unplanned tourism business menjadi suatu bisnis
ekowisata yang mapan mapan.
Teknik pengumpulan responden menggunakan metode accidental sampling yaitu prosedur penentuan responden (sampel) dari wisatawan yang paling mudah ditemui atau diakses. Responden atau informan dalam penelitian ini antara lain pengelola usaha pariwisata yang tidak terencana, wisatawan, masyarakat lokal, pemerintah daerah, LSM atau komunitas dan pengelola akun media sosial. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT yang kemudian dapat menghasilkan strategi untuk mengembangkan unplanned tourism business menjadi ekowisata yang mapan. Berdasarkan hasil penelitian, kondisi kegiatan wisata yang tidak terencana menunjukkan sudah berjalan dengan baik meskipun belum berjalan secara maksimal, sudah diterima oleh wisatawan dan masyarakat lokal. Strategi yang digunakan dalam mengembangkan unplanned tourism business yaitu growth-oriented strategy. Pembinaan yang dilakukan dalam pengembangan usaha pariwisata yang tidak terencana terkait dengan peran stakeholders dengan mengoptimalkan dan mempercepat legalitas unplanned tourism business untuk menjadi sebuah kegiatan ekowisata yang mapan.
Collections
- MT - Forestry [1411]