Show simple item record

dc.contributor.advisorHutagaol, Manuntun Parulian
dc.contributor.advisorPandjaitan, Nurmala K.
dc.contributor.advisorPasaribu, Bomer
dc.contributor.authorPujiwati, Ami
dc.date.accessioned2022-02-24T01:49:12Z
dc.date.available2022-02-24T01:49:12Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111219
dc.description.abstractSebagai dampak lahirnya era industri 4.0 mengakibatkan adanya transformasi dalam segala bidang kehidupan termasuk pendidikan. Perguruan tinggi sebagai institusi yang paling dekat dengan dunia kerja dituntut untuk dapat mempersiapkan lulusan yang memiliki keunggulan dan daya saing global. Personal skills sebagai keterampilan yang dimiliki oleh lulusan perlu disiapkan tidak hanya hard skills tetapi juga soft skills. Lulusan perlu dibekali dengan soft skills yang dapat menghadapi segala perubahan yang terjadi secara tidak menentukan dan sangat cepat. Menurut Aulburt (2016) soft skills yang dimaksud adalah adaptability dan ability to change. Kedua soft skills ini menurutnya dapat menjadi bekal lulusan sehingga mereka dapat survive di tengah-tengah perubahan yang terjadi. Selanjutnya, kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri perlu menjadi perhatian tidak hanya perguruan tinggi, tetapi keterlibatan pihak-pihak terkait dapat menjadi pemicu atau pendorong terbentuknya link and match yang telah didengung-dengungkan oleh pemerintah. Upaya yang dapat dilakukan khususnya perguruan tinggi adalah merancang dan mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (i) menganalisis pengaruh adaptability lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka (FE-UT) terhadap personal skills, (ii) menganalisis pengaruh ability change to work lulusan FE-UT terhadap personal skills, (iii) menganalisis pengaruh personal skills lulusan FE-UT terhadap employability, (iv) memetakan kompetensi employability lulusan FE UT dalam menghadapi pasar kerja era 4.0, dan (v) merancang dan merumuskan strategi-strategi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan employability lulusan FE-UT dalam menghadapi pasar kerja era industri 4.0. Pada penelitian ini metode analisis yang digunakan meliputi analisis deskripsi, analisis Structural Equation Model (SEM) dan AHP yang dilengkapi dengan interview pakar untuk verifikasi, konfirmasi dan menentukan strategi dalam meningkatkan employability lulusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh lulusan telah relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh Dudi dalam menghadapi era industri 4.0. Namun masih terdapat beberapa kompetensi yang perlu ditingkatkan yaitu literasi teknologi dan literasi data. Hasil analisis ststistik deskriptif menunjukkan bahwa personal skills dipengaruhi oleh dua variabel yaitu variabel adaptability dan ability change to work dengan faktor dominan yang paling mempengaruhi masing-masing variabel adalah behavior dan expertise. Adaptability lulusan FE-UT tercermin dari lulusan yang memperoleh pekerjaan dengan lama tunggu rata-rata 0-6 bulan. Mayoritas responden memilih skema layanan non paket semester dalam proses pembelajarannya. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan beradaptasi lulusan cukup tinggi dan tidak mengalami kesulitan untuk mengikuti pembelajaran di Universitas Terbuka. Variabel ability change to work ditunjukkan oleh tingkat retensi lulusan yang tinggi pada tempat mereka bekerja. Personal skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap employability (EA) dengan faktor yang paling berpengaruh adalah profesional skill. Analisis AHP digunakan untuk menentukan jenis strategi yang diperlukan dalam meningkatkan employability lulusan. Strategi yang dihasilkan adalah memperluas networking dengan UMKM dan industri sebagai penyedia pekerjaan, melibatkan DuDi dalam perancangan dalam pengembangan kurikulum. Adapun bentuk kerjasama dan kolaborasi dari strategi tersebut adalah kolaborasi penta helix yang melibatkan lima komponen yaitu perguruan tinggi, DuDi, pemerintah, masyarakat dan media. Implikasi manajerial penelitian ini adalah i) perguruan tinggi yang ada di Indonesia khususnya Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka melakukan kegiatan tracer study secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi penerapan kurikulum; ii) Melakukan re-analisis kurikulum dengan mengintegrasikan aspek adaptability dan ability to change ke dalam muatan dan materi-materi pembelajaran; iii) Menyelaraskan rancangan kurikulum dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan muatan kurikulum 60% teori dan 30% praktik, dan iv) Memperluas jaringan Kerjasama dengan dunia usaha dan dunia induatri serta UMKM guna membuka akses untuk program pemagangan baik mahasiswa maupun dosen. Saran penelitian yang akan datang adalah i) perlu mengkaji seluruh fakultas yang ada di UT; ii) kajian melibatkan peguruan tinggi yang ada di Indonesia yang, dan iii). Selain itu, perkembangan digital yang terus berkembang menuntut pendidikan tinggi terus melakukan inovasi-inovasi dalam aspek tri dharmanya. Dengan demikian penelitian-penelitian yang dilakukan selanjutnya sebagai pengejawantahan dari tridharma perguruan tinggi tidak hanya berupa research and development (R&D) namun lebih ke arah research and inovation (R&I).id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Peningkatan Employability Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka Menghadapi Pasar Kerja Era Industri 4.0id
dc.typeDissertationid
dc.subject.keywordAbility Change To Workid
dc.subject.keywordAdaptabilityid
dc.subject.keywordEmployabilityid
dc.subject.keywordEra 4.0id
dc.subject.keywordKurikulumid
dc.subject.keywordLulusanid
dc.subject.keywordPerguruan Tinggiid
dc.subject.keywordPersonal Skillsid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record