Analisis Penerapan Manajemen Agile Pada PT Telekomunikasi Indonesia Divisi Digital Service
Abstract
PT. Telekomunikasi Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang
telekomunikasi dan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi penerapan metode manajemen pasca perpindahan dari metode manajemen tradisional
(Waterfall) dan setelah penerapan metode manajemen agile. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT.
Telekomunikasi Indonesia Divisi Digital Service dengan posisi jabatan Officer 2 dan pengambilan sampel
menggunakan kuesioner yang diuji validitasnya dengan Kendall’s W dan dengan responden sejumlah 19
responden. Metode analisis menggunakan Fuzzy-Analytic Hierarchy Process (F-AHP) dan pengujian hipotesis
dilakukan menggunakan MATLAB. Penelitian menggunakan kriteria kategori atas Sumber Daya Manusia
(SDM), kordinasi, teknologi, manajemen proyek dan metodologi perangkat lunak. Pada tahap selanjutnya
dari setiap kategori akan dianalis setiap faktor yang mempengaruhi kategori tersebut. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kategori SDM menjadi kategori yang sangat berpengaruh pada penerapan masing masing metode manajemen, baik metode manajemen tradisional (Waterfall) dan metode manajemen agile.
Collections
- MT - Economic and Management [3183]
