dc.contributor.advisor | Sumarwan, Ujang | |
dc.contributor.advisor | Aminah, Mimin | |
dc.contributor.author | Sulistyo, Adi | |
dc.date.accessioned | 2021-09-22T12:48:52Z | |
dc.date.available | 2021-09-22T12:48:52Z | |
dc.date.issued | 2021-09-22 | |
dc.identifier.citation | Jurnal Manajemen - MM UIKA | id |
dc.identifier.issn | DOI: 10.32832/jm- uika.v12i3.5252 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/109362 | |
dc.description | - | id |
dc.description.abstract | Penerbit dan toko buku mengalami penurunan penjualan buku dari tahun
2013 sampai 2020. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah faktorfaktor yang menyebabkan penjualan buku mengalami penurunan. Penelitian ini
bertujuan mencari faktor-faktor apa saja yang memengaruhi mahasiswa dalam
membeli buku. Ada berbagai faktor yang memengaruhi dalam keputusan pembelian
buku, yaitu: faktor harga, produk, lokasi, promosi, gaya hidup, word of mouth
teknologi, dan informasi.
Penelitian ini menggunakan 205 responden yang merupakan mahasiswa
IPB University. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Probability
sampling yaitu metode pengambilan sampel secara random atau acak. Pemilihan
sampel dengan menggunakan convinience sampling yaitu teknik penarikan sampel
dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai atau diakses. Metode penarikan
sampel menggunakan metode wawancara dan mengisi kuesioner pada google form.
Penelitian menggunakan alat uji SEM PLS. SEM (Structural Equation Models)
merupakan teknik statistik yang bertujuan untuk membangun maupun menguji
model statistik yang biasanya dalam bentuk model sebab akibat.
Penelitian ini merupakan bidang ilmu perilaku konsumen. Penelitian
dilakukan di kampus Institut Pertanian Bogor bulan Desember 2020 sampai April
2021. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) karena obyek
penelitiannya adalah mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang aktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor produk, harga, word of mouth,
gaya hidup, teknologi, dan informasi berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian buku pada mahasiswa. Faktor lokasi, dan promosi
tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian buku pada
mahasiswa. | id |
dc.description.abstract | Publishers and bookstores declined in book sales from 2013 to 2020. The
study aimed to find out factors that caused book sales declined and students
influencing factors in buying books. There are various factors that influencing the
decision to purchase books, i.e price, product, location, promotion, lifestyle, word
of mouth technology, and information.
This study used 205 respondents who are students of IPB University. The data
collection technique used is Probability sampling, a random sampling method.
Sample selection using convenience sampling is a sampling technique from the
person or unit that is the easiest to find or access. The sampling done by the
interview method and filled out a questionnaire on the google form. PLS SEM test
tool used to data analysis. SEM (Structural Equation Models) is a statistical
technique that aims to build or test statistical models, which are usually causal
This research is a field of consumer behaviour science. The research was
conducted on the Bogor Agricultural University campus from December 2020 to
April 2021. The author chose the location of this research purposively because the
object of the research was active Bogor Agricultural University students
The study results showed that the product, price, word of mouth, lifestyle,
technology, and information factors had a significant effect on students buying book
decisions. Location and promotion factors have no significant effect on students
purchase book decisions. | id |
dc.description.sponsorship | - | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.relation.ispartofseries | Volume 12, Issue 3, 01 October 2021;Pages. 474-491 | |
dc.title | Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Buku Pada Mahasiswa | id |
dc.type | Thesis | id |
dc.subject.keyword | books | id |
dc.subject.keyword | student | id |
dc.subject.keyword | purchase decisions | id |
dc.subject.keyword | buku | id |
dc.subject.keyword | toko buku | id |
dc.subject.keyword | keputusan pembelian | id |