Analisis Daya Saing Produk Panel Kayu Indonesia di Pasar Dunia Periode 2016-2020
Abstract
Pemanfaataan kayu perlu dilakukan secara optimal salah satunya dengan
pembuatan papan dari limbah kayu. Hal itu mampu meningkatkan perekonomian
dan nilai ekspor Indonesia. Tujuan penelitian ini menganalisis daya saing
komparatif, kompetitif, dan faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor produk panel
kayu Indonesia di pasar dunia pada periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan
metode Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk menganalisis keunggulan
komparatif produk panel kayu serta Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) untuk
menganalisis keunggulan kompetitif produk panel kayu, dan Constant Market
Share (CMS) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor produk
panel kayu Indonesia di pasar dunia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk
panel kayu plywood memiliki keunggulan komparatif dengan tingkat daya saing
yang kuat dari 11 jenis kode HS. Keunggulan kompetitif produk panel kayu
Indonesia memiliki daya saing kuat dan Indonesia cenderung sebagai negara
pengekspor dengan hasil ISP pada tahap pertumbuhan atau Indonesia sedang
meningkatkan nilai ekspornya. Faktor yang berkontribusi positif dalam analisis
CMS yaitu distribusi pasar dan pertumbuhan standar, sedangkan faktor daya saing
dan komposisi komoditas bernilai negatif.
Collections
- UT - Forest Products [2267]