Perancangan Integrasi Penerapan Tanggung Jawab Sosial di PT Pupuk Kaltim dengan Sistem Integrasi PAS 99
Abstract
PT Pupuk Kalimantan Timur (PT PKT) menjalankan program tanggung
jawab sosial (TJS) mengacu pada Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
(PKBL), SNI ISO 26000 dan konsep Create Shared Value (CSV). PT PKT dalam
menjalankan TJS belum menerapkan sistem manejemen terintegrasi untuk tiga
indikator persyaratan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang integrasi
penerapan TJS (PKBL, CSV dan SNI ISO 26000) dengan sistem integrasi PAS
99 (Publicly Available Spesification 99).
PAS 99 merupakan persyaratan umum untuk sistem manajemen yang dapat
digunakan sebagai kerangka kerja dalam merancang suatu SMI. Penerapan SMI
akan bermanfaat bagi perusahaan, seperti mengurangi duplikasi
dokumen/prosedur, mengurangi biaya dan birokrasi serta memudahkan dalam
audit. Melalui perancangan sistem terintegrasi ini, diharapkan penerapan
tanggungjawab sosial di PT PKT dapat terintegrasi sehingga lebih efektif dan
efisien. Berdasarkan hasil analisis data dengan metode Structural Equation
Modeling Partial Least Square (SEM PLS) ditunjukkan bahwa hanya SNI ISO
26000 yang memiliki hubungan nyata dengan PAS99 : 2012, sedangkan indikator
PKBL dan CSV tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan PAS Hal ini
berarti penerapan TJS di PKT dengan tiga indikator tersebut tidak dapat
diintegrasikan dengan PAS 99. Sistem integrasi dengan PAS 99 hanya dapat
dilakukan untuk SNI ISO 26000.
Hasil analisis SEM PLS juga memperlihatkan bahwa SNI ISO 26000
mempengaruhi secara signifikan indikator PKBL dan CSV. Hal ini dapat
disimpulkan bahwa peningkatan kinerja TJS yang mengacu ke SNI ISO 26000
akan menyebabkan peningkatan kinerja TJS juga untuk CSV dan PKBL. Tingkat
kematangan penerapan SNI ISO 26000 di PT PKT cukup tinggi dengan rataan
90,69%. Hal ini mengindikasikan bahwa PT PKT sudah menerapkan tujuh subyek
inti SNI ISO 26000. Hasil ini juga relevan dengan tingkat kepuasan masyarakat,
terutama mitra binaan terhadap kegiatan TJS di PKT. Nilai tingkat persepsi
masyarakat terhadap kegiatan TJS di PKT 87,06 atau 4,35 (untuk skala 5) atau
termasuk kategori sangat baik.
Collections
- MT - Professional Master [875]