Show simple item record

dc.contributor.advisorM. Baga, Lukman
dc.contributor.advisorTinaprilla, Netti
dc.contributor.authorMalik, Yuniati
dc.date.accessioned2021-08-04T03:22:38Z
dc.date.available2021-08-04T03:22:38Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/108100
dc.description.abstractPembangunan perdesaan berbasis agribisnis dapat dilakukan melalui pengembangan kelembagaan kelompok tani dalam rangka pemberdayaan petani. Pemerintah daerah melalui Dinas Perkebunan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tenggara memfasilitasi lembaga pendukung pemberdayaan masyarakat di tingkat petani yaitu Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Sejahtera.Selama kurun waktu sembilan tahun sejak dibentuk LEM Sejahtera Andomesinggo mengalami penurunan jumlah anggota dan pengurangan unit usaha yang dimilikinya. Sehingga, diperlukan sebuah evaluasi terhadap kinerja LEM Sejahtera dan kepuasan anggota terhadap kinerja tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja LEM Sejahtera Andomesinggo dan untuk menganalisis kepuasan petani anggota terhadap kinerja LEM Sejahtera Andomesinggo. Penelitian ini dilakukan di LEM Sejahtera Andomesinggo Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Pengambilan data penelitian dilakukan pada bulan Agustus dan September 2018. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder seperti kuesioner dan wawancara kepada pengurus, anggota LEM Sejahtera Andomesinggo dan fasilitator LEM Sejahtera. Metode yang digunakan adalah analisis kinerja dan kepuasan petani anggota LEM Sejahtera Andomesinggo. Analisis kinerja menggunakan dua pendekatan yaitu kinerja kualitas layanan model SERVQUAL dan pendekatan finansial dengan rasio keuangan. Model SERVQUAL menggunakan variabel tangibles (bukti langsung), responsiveness (ketanggapan), reliability (kepercayaan), assurance (jaminan),empathy(empati). Pendekatan finansial dengan menggunakan rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio rentabilitas. Analisis kepuasan petani anggota menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis pada penelitian ini, menunjukan bahwa kinerja LEM Sejahtera Andomesinggo berdasarkan kualitas pelayanan model SERVQUAL berada pada kondisi yang baik. Hal ini ditandai dengan hasil analisisnya bernilai 3.97 dan berada pada selang 3.4<x≤4.1. Analisis kinerja berdasarkan pendekatan keuangan menunjukan bahwa kinerja rasio likuiditas berdasarkan current ratio masih berada pada kondisi cukup baik. Rasio solvabilitas LEM Sejahtera Andomesinggo berada pada kondisi sangat baik berdasarkan nilai DAR sebesar 33 persen dan nilai DER tertinggi yang diperoleh sebesar 63 persen. Rasio rentabilitas tertinggi diperoleh dari ROA sebesar 15 persen ROE sebesar 208 persen berada pada kondisi sangat baikid
dc.description.abstractRural development can be done through the development of agribusiness based institutional farmer groups to empower the farmers.The Region goverment through the local office of plantation and holticulture the Southeast Sulawesi Province facilitate supporting institutions of comumunity development at the level of farmers, is Society Economic Community (LEM). As long as a period of nine years since formed Andomesinggo LEM Sejahtera decrease suffer of the members and decrease available business unit. So that, required a evaluation of the performance and Satisfaction of LEM Sejahtera members. This study aims to analyze of the performance of Andomesinggo LEM Sejahtera and analyze satisfaction farmers a member of towards the perfomance of Andomesinggo LEM Sejahtera. This research was done at the Andomesinggo LEM Sejahtera Konawe District of Southeast The research data was collected in August and September 2018. The data used were primary data and secondary data such as questionnaires and interviews with administrators, members of Andomesinggo LEM Sejahtera and LEM Sejahtera facilitators. The method used was an analysis of the performance and satisfaction of farmers Andomesinggo LEM Sejahtera members. Performance analysis uses two approaches were service quality performance SERVQUAL model and financial approach with financial ratios. The SERVQUAL model used Tangibles (direct evidence), Responsiveness, Reliability, Assurance, Empathy. Financial approach using Liquidity ratios, Solvency ratios and Profitability ratios. Analysis of member farmers' satisfaction using the Importance Performance Analysis (IPA) method and Customer Satisfaction Index (CSI). The results of the analysis on this research, showed that the performance of LEM Sejahtera Andomesinggo based on the quality of SERVQUAL model service is in good condition. This is characterized by a result of the analysis is worth 3.97 and is at a interval of 3.4 < x ≤ 4.1. Performance analysis based on financial approaches shows that the performance of the liquidity ratio based on current ratio is still in good condition. The solvency ratio of LEM Sejahtera Andomesinggo is in excellent condition based on the value of DAR 33 percent and the highest DER value obtained by 63 percent. The highest earning ratio gained from ROA by 15 percent ROE by 208 percent was in excellent condition.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Kinerja dan Kepuasan Petani Anggota Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Sejahtera Andomesinggo Kabupaten Konaweid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordLEM Sejahteraid
dc.subject.keywordmember satisfactionid
dc.subject.keywordperformance analysisid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record