Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharno, Suharno
dc.contributor.advisorBurhanuddin
dc.contributor.authorHartanto, Toni Rudi
dc.date.accessioned2021-07-30T07:44:26Z
dc.date.available2021-07-30T07:44:26Z
dc.date.issued2021-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107968
dc.descriptionDokumen tesisid
dc.description.abstractProduksi tuna–cakalang–tongkol (TCT) Indonesia merupakan yang terbesar di dunia, dengan kontribusi 20,06% dari total produksi TCT dunia. TCT merupakan komoditas ekspor baik dalam bentuk segar, beku maupun olahan. Indonesia menjadi negara pengekspor TCT ke Amerika Serikat terbesar ke 3 di dunia masih kalah dengan Thailand dan Vietnam. Munculnya India sebagai pengekspor produk perikanan ke Amerika Serikat dapat menurunkan pangsa pasar Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan analisis untuk mengetahui daya saing TCT Indonesia di pasar AS serta analisis aliran perdagangannya dengan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi volume ekspor TCT Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor serta mengetahui posisi daya saing ekspor TCT di pasar Amerika Serikat. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi ekspor TCT ke Amerika Serikat. Daya saing ekspor TCT dianalisis menggunakan rumus Revealed Comparative Advantage (RCA). Dalam menentukan posisi daya saing pasar TCT digunakan Analisis Export Product Dynamic (EPD). Pendekatan gravity model digunakan dalam melakukan estimasi variabel-variabel yang berpengaruh terhadap nilai ekspor TCT Indonesia di pasar Amerika Serikat. Analisis RCA dan EPD menggunakan alat bantu berupa software Microsoft excel, sedangkan estimasi Gravity model menggunakan software berupa eviews 11. Ikan Tuna-Cakalang-Tongkol (TCT) Indonesia mempunyai keunggulan komparatif di pasar Amerika Serikat dengan nilai indeks RCA > 1. Trend Daya saing TCT Indonesia cenderung meningkat, hal ini menunjukkan bahwa produk TCT Indonesia digemari di pasar Amerika Serikat. Indonesia harus mampu meningkatkan nilai ekspor TCT Indonesia di pasar USA dengan jalan meningkatkan kualitas produk TCT yang diekspor ke USA. Posisi pasar TCT Indonesia di pasar USA berstatus rising star. Ini menunjukkan bahwa TCT Indonesia memliki pangsa pasar ekspor yang baik di USA. Dengan jumlah penduduk yang tinggi dan GDP perkapita yang tinggi pula, TCT Indonesia berada di pasar yang tumbuh secara dinamis. Indonesia diharapkan tetap mempertahankan dan meningkatkan ekspor TCT Indonesia di pasar USA. Variabel yang berpengaruh untuk peningkatan perdagangan TCT Indonesia di pasar USA antara lain GDP riil USA, jarak ekonomi, harga dan indeks daya saing (RCA). GDP riil USA ini berkaitan dengan daya beli masyarakat USA yang tinggi merupakan pasar yang ideal bagai produk ekspor Indonesia. Peningkatan ekspor TCT ke USA akan sangat menguntungkan bagi Indonesia. Hal ini didukung dengan koefisien jarak ekonomi yang positif, dimana, jarak ekonomi tidak menjadi hambatan, karena permintaan masih tinggi dan harga yang kompetitif. Melihat hal ini maka Indonesia perlu meningkatkan daya saing produk ekspornya secara kualitas dan kuantitas. Dengan persyaratan teknis yang semakin ketat, pemerintah dapat melakukan negosiasi dan diplomasi dagang kepada Amerika Serikat agar produk TCT Indonesia dapat diterima di Amerika Serikat.id
dc.description.sponsorshipKementerian Kelautan dan Perikananid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleDaya Saing Ekspor Ikan Tuna-Cakalang-Tongkol (TCT) Indonesia di Pasar Amerika Serikatid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordDaya Saing Eksporid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record