Show simple item record

dc.contributor.advisorAsfarian, Auzi
dc.contributor.authorSinatrya, Muhammad Rizqi
dc.date.accessioned2021-07-30T01:06:30Z
dc.date.available2021-07-30T01:06:30Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107943
dc.description.abstractPerikanan budidaya air tawar dapat menjadi pendukung untuk membangun perekonomian nasional. Potensi lahan yang luas menjadi pendukung untuk melakukan perikanan budidaya namun kurangnya kemauan masyarakat membuat potensi ini belum dimanfaatkan. Aplikasi permainan dapat menjadi media untuk menyampaikan edukasi serta motivasi tentang perikanan. Sebuah desain permainan simulasi perikanan yang menyenangkan sudah dibuat dan dicantumkan pada Game Design Documentation (GDD). Pembuatan prototipe permainan dan playtest perlu dilakukan diawal untuk memberi evaluasi terhadap desain permainan. Oleh karena itu, pengembangan dan pengukuran enjoyment melalui playtest mekanisme dasar permainan simulasi perikanan dilakukan untuk menciptakan aplikasi permainan yang menyenangkan. Penelitian ini berfokus pada pengembangan mekanik dasar sesuai desain GDD dengan tampilan yang sederhana kemudian melakukan pengujian terhadap target pemain. Hasil pengujian terhadap 15 partisipan menggunakan model EGameFlow memberikan nilai enjoyment yang masih rendah. Partisipan tidak merasakan kesenangan saat bermain karena kurangnya fitur pada prototipe sehingga tantangan permainan masih membosankan untuk dimainkan.id
dc.description.abstractFreshwater aquaculture can be a support to build the national economy. The vast potential of land becomes a support for aquaculture, but the lack of motivation will makes this potential untapped. Game applications can be a medium to give education and motivation about fisheries. A fun fishing simulation game design has been created and written in the Game Design Documentation (GDD). Game prototype and playtest need to be done at the beginning to evaluate the game design. Therefore, the development and measurement of enjoyment through playtest the basic mechanics of a fishery simulation game is carried out to create a fun game application. This research focuses on developing basic mechanics according to the GDD design with a simple appearance and then testing the target players. The test results of 15 participants using the EGameFlow model provide a low enjoyment value. Participants did not feel fun while playing because of the lack of features in the prototype so the challenge was still boring to play.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengembangan dan Pengukuran Enjoyment Prototipe Permainan Simulasi Perikanan melalui Playtest dengan Model EGameFlowid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordEGameFlowid
dc.subject.keywordaquacultureid
dc.subject.keywordplaytestid
dc.subject.keywordgame prototypeid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record