Show simple item record

dc.contributor.advisorArdiansyah, Firman
dc.contributor.advisorAgmalaro, Muhammad Asyhar
dc.contributor.authorFadila, Dina
dc.date.accessioned2021-07-12T12:40:18Z
dc.date.available2021-07-12T12:40:18Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107364
dc.description.abstractPenanganan utama bagi penderita bipolar atau biasa disebut dengan ODB (Orang dengan Bipolar) adalah memulihkan penderita pada saat memasuki fase perubahan mood yang ekstrem menjadi stabil. Penting bagi ODB untuk menjaga stabilitas suasana hatinya agar mampu menghindari perubahan mood yang ekstrem. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui fokus permasalahan yang dialami ODB, merumuskan ide, serta merancang Low Fidelity Prototype yang mudah dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah Low Fidelity Prototype yang mudah untuk dipelajari dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perancangan dilakukan berbasis usability dengan mengadaptasi metode Design Thinking. Pada iterasi pertama, hasil dari Low Fidelity Prototype dievaluasi oleh lima orang praktisi di bidang UI/UX dan dua orang praktisi di bidang kesehatan. Pada iterasi kedua, prototipe ini diuji kepada tiga orang penderita bipolar dengan tiga kali percobaan. Pada uji coba yang kedua, pengguna telah berhasil menyelesaikan seluruh tugas dengan penurunan total durasi sebesar 1.9 kali dan penurunan total missclick sebanyak 4.2 kali.id
dc.description.abstractThe primary treatment for people with bipolar disorder or in Indonesia is commonly known as ODB, is to recover the patient when entering a phase of extreme mood into a stable one. People with bipolar disorder need to maintain mood stability to avoid extreme mood swings. Therefore, research was conducted to determine the focus of ODB’s problems, formulate ideas, and design Low Fidelity Prototype that is easy to understand. This research aims to produce a Low Fidelity Prototype that is easy to learn and according to user needs. The design process is based on usability by adapting the Design Thinking method. In the first iteration, Low Fidelity Prototype has been evaluated by five practitioners in UI/UX and two practitioners in the health sector. In the second iteration, this prototype was tested on three people with bipolar disorder with three trials. In the second trial, the user has completed all tasks with a decrease in total duration of 1.9 times and a reduced total misclick of 4.2 times.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePendefinisian Sudut Pandang, Pengidean, dan Pembuatan Low Fidelity Prototype Aplikasi By-Polar untuk Penderita Gangguan Bipolarid
dc.title.alternativeDefining Point of View, Ideate, and Designing Low Fidelity Prototype in By-Polar Applications for People with Bipolar Disordersid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbipolar disorderid
dc.subject.keyworddesign thinkingid
dc.subject.keywordlow fidelity prototypeid
dc.subject.keywordusabilityid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record