Show simple item record

dc.contributor.advisorNajib, Mukhamad
dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.authorMaulana, Syahrizal
dc.date.accessioned2021-05-25T01:19:29Z
dc.date.available2021-05-25T01:19:29Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106836
dc.description.abstractInternet mengubah pola konsumsi dan perilaku berbelanja masyarakat dari yang bersifat konvensional menjadi daring (online). Aktifitas belanja secara online dapat dilakukan tanpa harus keluar rumah ketika membutuhkan barang yang diinginkan dan dapat dilakukan kapan saja sehingga lebih praktis. Perkembangan internet yang cepat berpengaruh terhadap pemasaran berbagai barang dan jasa, termasuk juga makanan organik. Pelaku bisnis makanan organik dapat menggunakan aktifitas pemasaran melalui internet untuk menarik konsumen lebih banyak dan supaya dapat tetap kompetitif bersaing di pasar yang sudah ada. Para penjual mengharapkan aktifitas pemasaran mereka dapat diterima, dan salah satu cara yang dapat digunakan menarik konsumen adalah menggunakan bauran pemasaran. Bauran pemasaran merupakan kombinasi dari berbagai variabel keputusan pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan barang dan jasa yaitu produk, harga, promosi dan distribusi / tempat. Konsep ini banyak diadopsi perusahaan dalam menjalankan strategi pemasaran dan masih relevan digunakan sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi rumusan penting pembelian online untuk pemasaran makanan organik dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepercayaan dan kepuasan konsumen makanan organik untuk menumbuhkan minat beli ulang. Penelitian dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2020. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari survei kuesioner berbahasa Indonesia yang disebarkan melalui link Google Form menggunakan skala Likert. Metode pengambilan sampel (responden) yang digunakan adalah purposive sampling. Responden yang ditargetkan adalah konsumen yang berdomisili di Jabodetabek serta pernah membeli makanan organik secara online minimal dua kali dalam enam bulan terakhir dan mengkonsumsinya. Data diolah dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi tidak memberikan pengaruh signifkan kepada kepercayaan konsumen dalam pembelian online makanan organik. Variabel produk dan distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan namun tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Para pemasar makanan organik harus memperhatikan produk makanan organik karena memberikan dampak pengaruh paling besar yang signifikan di antara bauran pemasaran lainnya dalam menentukan minat beli ulang makanan organik secara online. Konsumen menginginkan makanan organik yang dibeli sampai dengan cepat dan dalam keadaan yang baik atau segar untuk dikonsumsi. Layanan pengiriman cepat sampai menjadi kebutuhan bagi konsumen dan harus diupayakan oleh pemilik bisnis makanan organik.id
dc.description.abstractThe internet changes people's consumption patterns and shopping behavior from offline to online. Online shopping activities can be done without having to leave the house when you need the desired item and can be done anytime so it is more practical. The rapid development of the internet has influenced the marketing of various goods and services, including organic food. Organic food business players can use marketing activities via the internet to attract more consumers and remain competitive in competing in existing markets. Salespeople expect their marketing activities to be acceptable, and one way that can be used to attract consumers is to use a marketing mix. The marketing mix is a combination of various marketing decision variables used by companies to market goods and services namely product, price, promotion, and place. This concept has been widely adopted by companies in implementing marketing strategies and it is still relevant today. This study aims to identify important formulas for online purchasing for organic food marketing and to analyze the effect of the marketing mix on consumer trust and satisfaction in organic food to foster repurchase intention. The research was conducted from mid-September to mid-October 2020. The data collected in this study were primary data obtained from a questionnaire survey in Indonesian. The questionnaire was distributed via a Google Form link using a Likert scale. The sampling method used was purposive sampling. Respondents taken were consumers who live in the Jabodetabek areas and have bought organic food online at least twice and consumed it in the last six months. The data were processed and analyzed using Structural Equation Modeling. The results showed that the marketing mix variables, namely product, price, promotion, and distribution did not have a significant effect on consumer trust in purchasing organic food online. Product and distribution variables have a positive and significant effect on customer satisfaction. Trust has a significant effect on satisfaction but does not have a significant effect on repurchase intention. Satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention. Organic food marketers should pay attention to organic food products because they have the most significant impact among the marketing mix in determining the repurchase intention of organic food online. Consumers want organic food bought is arrived quickly and in good or fresh condition for consumption. Fast delivery service has become a necessity for consumers and must be pursued by organic food business owners.id
dc.description.sponsorshipBeasiswa Saintek Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggiid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen pada Pembelian Online Makanan Organikid
dc.title.alternativeAnalysis of the Effect of Marketing Mix on Consumer Trust and Satisfaction on Online Purchasing of Organic Foodid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordmarketing mixid
dc.subject.keywordonline purchasingid
dc.subject.keywordorganic foodid
dc.subject.keywordsatisfactionid
dc.subject.keywordtrustid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record