Prinsip Rescheduling pada Kereta untuk Meminimumkan Total Delay Menggunakan Metode Mixed Integer Linear Programming
Abstract
Salah satu transportasi massa yang cukup diminati masyarakat karena efektivitasnya adalah kereta rel listrik atau biasa dikenal sebagai KRL. KRL tentunya memiliki jadwal tetap yang mengatur perjalanannya. Namun, dalam pelaksanaannya, bukan tidak mungkin akan ada gangguan yang menunda perjalanan kereta. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem untuk menjadwalkan ulang perjalanan kereta. Pada karya ilmiah ini, disediakan sebuah model untuk membentuk jadwal perjalanan baru bagi kereta dengan meminimumkan total waktu keterlambatan. Model tersebut diformulasikan sebagai model Mixed Integer Linear Programming dan diaplikasikan pada jadwal KRL Commuter Line milk PT. KAI menggunakan rute KRL Bogor-Jakarta Kota. Dalam penerapannya, model ini menghasilkan tiga jadwal baru dengan keterlambatan minimum untuk tiga contoh kasus yang telah dibuat. Commuter rail, also known as KRL, has become one of the most preferably mass transportation for its effectiveness. KRL itself surely has a routine schedule to organize its trek every day. But on its implementation, any disruption would blackout the train schedule. Therefore, a system to re-scheduling the train schedule is very needed. On this paper, a model to make a new schedule for the train and minimizing the total delay time is presented. This model is considered as a Mixed Integer Linear Programming model and applicated on KRL Commuter Line’s schedule, using the route of Bogor-Jakarta Kota KRL. On its application, this model generates three new schedules with minimum total delay for three cases provided.
Collections
- UT - Mathematics [1408]