Membangun Sistem Inferensi Fuzzy Berdasarkan Fuzzy Subtractive Clutering untuk Kasus Pelanggan Telepon
Abstract
Pelanggan bisnis di PT. Telkom Bogor merupakan pelanggan yang potensial, karena memiliki kontribusi yang sangat besar bagi perusahaan. Ratarata 80% pendapatan perusahaan berasal dari pelanggan bisnis. Oleh karena itu diperlukan kemampuan untuk mengidentifikasi pelanggan, agar produk-produk yang dikeluarkan oleh PT. Telkom dapat memenuhi keinginan pelanggannya. Sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah sistem inferensi fuzzy (FIS) berdasarkan fuzzy subtractive clustering (FSC). FSC menghasilkan deretan pusat cluster, nilai derajat keanggotaan dan sejumlah cluster yang dapat menjadi informasi untuk membangun FIS. Cluster yang terbentuk dari hasil FSC dilakukan uji validitasnya dengan metode kekompakan dan pemisahan (compactness and separated). Sehingga cluster yang diambil untuk membangun FIS adalah cluster yang terbaik. Selanjutnya untuk melihat tingkat kesalahan hasil output FIS dilakukan tes dengan metode root mean square error (rmse). Berdasarkan hasil FSC dan uji validitas yang dilakukan cluster yang valid pada kecamatan di Kota Bogor adalah yang memiliki dua, tiga dan empat cluster. Nilai output FIS yang didapat menunjukan perbedaan yang tidak jauh dengan output sebenarnya, terbukti dengan hasil rmse yang kecil disetiap kecamatan di Kota Bogor.