Show simple item record

dc.contributor.advisorJuanda, Bambang
dc.contributor.advisorAlexandi, Muhammad Findi
dc.contributor.authorRamadhan, Rasi Tamadhika Fajar
dc.date.accessioned2020-02-19T03:02:55Z
dc.date.available2020-02-19T03:02:55Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/102159
dc.description.abstractDunia terus berkembang, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Inovasi menjadi permasahalan yang menarik dan menjadi perhatian oleh para ahli. Inovasi dan TIK membawa manusia ke era baru khususnya dalam ekonomi. E-Commerce didefinisikan sebagai penggunaan internet, web, dan aplikasi untuk bertransaksi atau secara digital memungkinkan transaksi komersial antara dan di antara organisasi dan individu (Laudon dan Traver 2014). Terdapat banyak studi mengenai dampak TIK terhadap pertumbuhan ekonomi atau PDB sebagai variabel ekonomi makro, tetapi studi yang membahas mengenai e-commerce masih sulit ditemukan dan penjelasannya masih kurang mendalam. Penelitian tentang e-commerce menjadi sangat penting karena e-commerce akan memainkan peranan penting pada proses pembangunan nasional sehingga penggunaan strategi dan kebijakan terhadap e-commerce harus dilakukan secara tepat. Maka dari itu perlu dilakukan studi mengenai e-commerce secara mendalam. Tujuan utama penelitian ini adalah pertama untuk menganalisis keragaan e-commerce di Indonesia; kedua, menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi pada perkembangan e-commerce di suatu negara; ketiga, menganalisis pengaruh dari e-commerce terhadap tingkat pendapatan nasional yang dilihat melalui PDB berdasarkan Paritas Daya Beli (PPP) melalui sisi penawaran (Aggregate supply) dan sisi perimintaan (Aggregate demand) dan keempat, menganalisis pengaruh e-commerce terhadap pengangguran. Data yang digunakan adalah data panel dengan kurun waktu tahun 2016-2017 pada 114 negara. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu metode analisis data deskriptif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk analisis kuantitatif adalah panel simultan dengan EC2SLS random-effects IV regression. E-Commerce di Indonesia menunjukkan perkembangan dari tahun ke tahun yang dapat dilihat dari peningkatan total pendapatan e-commerce dan peningkatan pengguna e-commerce di Indonesia. Analisis faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan e-commerce menunjukkan kejesahteraan masyarakat (PDB per kapita) sebagai faktor yang paling berpengaruh terhadap perkembangan e-commerce. Kejesahteraan masyarakat yang meningkat akan meningkatkan daya beli masyarakat dengan memerhatikan dan menjaga pertumbuhan ekonomi serta harga-harga yang stabil. E-Commerce terbukti mampu mendorong pendapatan nasional baik dari sisi penawaran (sudut pandang produsen) maupun dari sisi permintaan (sudut pandang konsumen). E-Commerce juga berpengaruh signifikan dalam mengurangi pengangguran.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomicsid
dc.subject.ddcIncomeid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcIndonesiaid
dc.titleFaktor-faktor yang Memengaruhi Perkembangan E-Commerce serta Pengaruhnya terhadap Pendapatan Nasional dan Pengangguran.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordE-Commerceid
dc.subject.keywordPDBid
dc.subject.keywordPengangguranid
dc.subject.keywordTIKid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record