Show simple item record

dc.contributor.advisorZuhud, Ervizal A M
dc.contributor.advisorAnggraeni, Elisa
dc.contributor.authorSilviani, Dita
dc.date.accessioned2020-01-22T06:33:44Z
dc.date.available2020-01-22T06:33:44Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101221
dc.description.abstractPelawan merah (Tristaniopsis merguensis Griff.) adalah tumbuhan hutan dari famili Myrtaceae dan dapat ditemukan di Bangka Belitung. Penelitian ini membahas tentang etnobotani pemanfaatan, potensi pelawan merah, dan analisis brand awareness produk pelawan, Penelitian dilakukan di wilayah pengelolaan KPHP Sigambir Kotawaringin yaitu Desa Kimak, Bangka. Metode yang digunakan untuk studi etnobotani adalah observasi lapang dan wawancara purposive sampling sebanyak 100 responden. Pendugaan potensi kelestarian pelawan menggunakan metode kombinasi jalur dan garis berpetak serta analisis vegetasi. Branding awareness menggunakan metode kuisioner dengan skala Likert 1-5 sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelawan merah dimanfaatkan antara lain batang sebagai junjung untuk budidaya lada (95 orang), madu pelawan (29 orang), jamur pelawan (57 orang), dan teh pelawan (13 orang). Potensi kelestarian pelawan merah di alam dengan jumlah anakan tertinggi pada ekosistem kebun karet dan hutan bukit sebesar 26,500 ind/ha dan ekosistem budidaya pelawan merah sebanyak 72,500 ind/ha sehingga budidaya anakan dari alam dapat dilakukan untuk mendukung strategi konservasi. Brand awareness menggunakan variabel independen yaitu pengetahuan (X1), logo (X2), desain kemasan (X3), manfaat (X4), dan harga (X5). Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variabel manfaat (X4) berpengaruh signifikan terhadap faktor kesadaran konsumen sebesar 0.000. Uji F menunjukkan bahwa kelima variabel independen yang digunakan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesadaran konsumen sebesar 0.004. Sehingga, penting untuk memasukkan informasi manfaat dalam kemasan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcForest conservationid
dc.subject.ddcEtnobotanyid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcBangkaid
dc.titleEtnobotani, Potensi, dan Prospek Pengembangan Produk Pelawan (Tristaniopsis merguensis Griff.) melalui Brand Awareness di Pulau Bangkaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbrand awarenessid
dc.subject.keywordetnobotaniid
dc.subject.keywordpelawan merahid
dc.subject.keywordpotensiid
dc.subject.keywordtehid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record