Evaluasi Kinerja Pemasok untuk Kemasan Sabun Transparan Menggunakan Metode Intuitionistic Fuzzy Lingustic Hedges
Abstract
Pemasok adalah salah satu bagian penting bagi industri untuk memastikan
proses manufaktur yang tepat. Dengan demikian, kegagalan dalam menilai
pemasok pada industri berbasis make to order menyebabkan keterlambatan dalam
seluruh proses manufaktur. Evaluasi kinerja pemasok digunakan untuk menentukan
kinerja pemasok dalam memenuhi pesanan untuk industri. Tujuan utama dari
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kriteria penilaian pemasok untuk
perusahaan dan untuk mengevaluasi kinerja pemasok. Penelitian ini diprakarsai
oleh tinjauan pustaka, wawancara dan observasi lapangan dengan seperangkat
kuesioner selama dan setelah magang di perusahaan sabun transparan. Serangkaian
kriteria dan metrik tentang Referensi Operasi Rantai Pasok (SCOR) telah disusun
dengan masing-masing nilai komponen untuk kebutuhan perusahaan. Setiap
komponen memainkan peran mereka dalam formulasi untuk evaluasi berdasarkan
pendekatan Intuitionistic Fuzzy Linguistic Hedge (IFLH) dan SCOR. Model ini
akan menilai kinerja pemasok dengan kriteria yang ditentukan oleh perusahaan.
Metode bantuan digunakan untuk memilih atribut yang paling berpengaruh dan
informatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan SCOR
dengan jumlah atribut yang lebih sedikit. Dalam hal kelompok kinerja mereka,
selama empat semester terakhir, setiap pemasok dikelompokkan ke dalam kluster
(A) untuk kinerja terbaik dan kluster (B) untuk kinerja rata-rata. Metode IFLH
menunjukkan bahwa nilai kinerja pemasok terbaik adalah 1,0 dari cluster pertama.
Urutan menurun atribut penting secara berurutan adalah Agilitas, Biaya,
Responsivitas, dan Keandalan.