Pengembangan Pasar Produk Cold Brew Coffee
Abstract
Cold brew coffee adalah metode ekstraksi kopi yang tidak memerlukan
panas. Proses ekstraksi cold brew membutuhkan suhu 20o-25o C atau lebih rendah
dengan waktu 8-24 jam. Kelebihan cold brew coffee dengan kopi seduh panas
adalah cold brew coffee memiliki karakteristik asam, dan pahit yang rendah, serta
merupakan produk kopi yang praktis dan terbuat dari kopi original. Tujuan
penelitian ini adalah mengidentifikasi permasalahan konsumen, menghasilkan
desain pengembangan pasar cold brew coffee, dan memberikan solusi pada
permasalahan konsumen kopi. Metode penelitian ini menggunakan riset aksi
dengan pendekatan customer development yang meliputi customer discovery dan
customer validation. Permasalahan yang terdapat pada konsumen adalah
keterpaksaan membeli kopi instan, menahan keinginan minum kopi single origin
(tidak ingin mengonsumsi kopi instan), keterpaksaan membawa alat kopi, dampak
buruk kopi instan, dan rasa yang buruk pada kopi instan. Pengujian solusi dari
produk cold brew coffee menunjukan hasil produk sesuai di pasar karena sesuai
dengan kebutuhan konsumen.