Pengembangan Produk Minuman Kopi Siap Minum (Ready-to-Drink) Berdasarkan Preferensi Konsumen di Kota Bogor
View/ Open
Date
2018Author
Shafira, Nadya Avitri
Sugiyono
Hunaefi, Dase
Metadata
Show full item recordAbstract
Pasar kopi dan tingkat konsumsi kopi di Indonesia semakin meningkat
yang diiringi dengan semakin beragamnya permintaan konsumen. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu produk minuman kopi yang
sesuai dengan preferensi konsumen di Kota Bogor. Hasil survei menunjukkan
bahwa produk minuman kopi yang menjadi preferensi konsumen di Kota Bogor
adalah produk minuman kopi siap minum dengan susu, rasa dominan creamy,
karakter aroma kopi yang sangat tajam tercium, karakter body (rasa dimulut) kopi
medium/sedang dan menggunakan kemasan botol plastik (perempuan) atau botol
kaca (laki-laki). Dari uji organoleptik rating hedonik, didapatkan formula terpilih
yaitu F6, F7 dan F8 dengan komposisi susu dan krimer paling tinggi. Formula
yang paling mendekati ideal berdasarkan uji profiling dengan metode CATA
adalah F6 (laki-laki) dan F8 (perempuan). Atribut yang memengaruhi tingkat
kesukaan panelis perempuan adalah aroma caramel, flavor fermented, rasa manis,
rasa coffee ID, rasa milky serta mouthfeel/body creamy. Pada panelis laki-laki
atribut yang memengaruhi tingkat kesukaan adalah flavor burnt, flavor fermented,
rasa coffee ID, rasa milky, rasa manis, rasa pahit dan aftertaste sepat. Mengacu
pada hasil survei dan uji organoleptik, formula yang terpilih adalah F8. Analisis
proksimat pada F8 memberikan hasil kadar air 79,42 %bb; kadar abu 0,74 %bb;
kadar lemak 3,19 %bb; kadar protein 1,74 %bb dan kadar karbohidrat 14,92 %bb.