Evaluasi Profil Sensori Minuman Serbuk Instan Rasa Jeruk Menggunakan Metode Rate-All-That-Apply (RATA).
View/ Open
Date
2018Author
Prayoga, Aditya
Adawiyah, Robiatul
Simaratika, Vincentia Septi
Metadata
Show full item recordAbstract
Minuman serbuk instan rasa jeruk adalah produk minuman dalam bentuk
bubuk yang diperoleh dari campuran bahan pangan, dengan perisa (alami, identik
alami, tiruan) dengan atau tanpa pemanis. Identifikasi profil sensori minuman
serbuk instan rasa jeruk dilakukan dengan metode Rate-All-That-Apply (RATA).
Penelitian ini bertujuan (1) membuat profil sensori minuman serbuk instan rasa
jeruk komersial di pasar Indonesia dengan metode Rate-All-That-Apply (RATA)
berdasarkan persepsi konsumen, (2) mengetahui pengaruh usia terhadap profil
sensori dan tingkat kesukaan konsumen terhadap produk minuman serbuk instan
rasa jeruk, (3) mengidentifikasi atribut sensori yang berpotensi dalam
pengembangan produk minuman serbuk instan rasa jeruk yang disukai konsumen,
dan (4) mengetahui kesukaan konsumen terhadap produk minuman serbuk instan
rasa jeruk. Terdapat tujuh sampel yang diuji dalam satu sesi pengujian oleh 200
panelis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara keseluruhan setiap produk
memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan respon sensori antar golongan panelis berdasarkan umurnya.
Panelis remaja dan anak-anak menunjukkan kemampuan yang baik dalam
mengidentifikasi perbedaan atribut pada sampel yang berbeda-beda, sementara
panelis dewasa cenderung tidak dapat mengidentifikasi perbedaan tersebut.
Atribut-atribut sensori pada minuman serbuk instan rasa jeruk yang disukai oleh
konsumen Indonesia adalah juicy, freshness, natural, citrus, sulfury sweet, cooked
sweet, dan manis. Atribut yang tidak disukai adalah floral.