Membangun Awareness Produk Susu Kambing Bubuk dengan Pendekatan Strategi Positioning (Studi Kasus Susu Kambing Bubuk Merek Goozy).
Abstract
Susu merek Goozy adalah susu bubuk yang berasal dari kambing. Awareness merek ini masih tergolong rendah, oleh karena itu butuh adanya strategi positioning untuk memperkuat citra merek. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi segmentasi dan target pasar dari susu merek Goozy, mengidentifikasi faktor yang membangun awareness konsumen, serta merancang formulasi strategi positioning susu merek Goozy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah clustering hierarchy, regresi linier berganda, dan Buston Consulting Group (BCG). Target pasar mencakup kalangan berusia 21-30 tahun yang berdomisili Bogor dengan pengeluaran Rp 1 000 000-2 000 000. Faktor yang paling berpengaruh terhadap awareness konsumen adalah manfaat. Point of parity susu merek Goozy dikategorikan sebagai susu kesehatan sementara point of differentiation diposisikan sebagai susu kebugaran. Dengan manfaat dan kedua point tersebut, penyataan positioning yang dibangun pada susu kambing adalah “Pemuda-Pemuda yang selalu sibuk namun enggan berolahraga, Susu Kambing adalah solusi menjaga kebugaran tanpa lactose intolerance”.