Profil Trend Produk Minuman di E-Registration Badan POM Berdasarkan Kategori Pangan Beserta Hasil Evaluasi Kesesuaian Pelabelan di Kota Bogor.
Abstract
Perkembangan industri minuman ditandai dengan berbagai jenis dan merek
minuman yang mulai bervariasi. Pengeluaran rata-rata per kapita perbulan untuk
pangan termasuk makanan dan minuman olahan juga meningkat dari tahun ke
tahun. Sejalan dengan kebijakan pasar global, pengawasan harus dilakukan mulai
dari produk masuk di entry point sampai beredar di pasar. Terjadi peningkatan
jumlah izin edar produk pangan, namun tidak didukung oleh rendahnya minat
konsumen dalam memperhatikan kelengkapan label yaitu sebanyak 6,7%.
Penelitian ini bermaksud menentukan profil trend (kecenderungan) produk
minuman saat ini yang terdaftar pada e-registration produk pangan Badan POM
dan melakukan penilaian kesesuaian pelabelan trend produk minuman tersebut
yang telah beredar di pasaran (post-market) secara kualitatif. Metode yang
digunakan dalam melakukan pengambilan sampel adalah metode purposive
sampling yang dilanjutkan dengan analisis kesesuaian pelabelan secara kualitatif
dengan menggunakan formulir kesesuaian pelabelan berdasarkan Peraturan Kepala
Badan POM Nomor 12 tentang Pendaftaran Pangan Olahan. Hasil pemetaan
menunjukkan bahwa minuman teh mendominasi produk minuman terdaftar pada
tahun 2014 sampai 2016 berdasarkan kategori pangan. Analisis kesesuaian
pelabelan produk minuman teh di Kota Bogor menunjukkan tingginya sampel TMK
secara keseluruhan sebanyak 88 sampel dari total 100 sampel yang dianalisis
dengan sebagian besar didominasi oleh ketidaksesuaian pelabelan di bagian
keterangan pada label.