Profil Sensori dan Preferensi Buah Mangga Arumanis, Bacang, Indramayu, Gedong, dan Kweni serta Korelasinya dengan nilai L dan oHue
View/ Open
Date
2017Author
Aula, Farah Fitri
Wijaya, C Hanny
Hasanah, Uswatun
Metadata
Show full item recordAbstract
Mangga adalah buah tropis yang banyak tumbuh dengan beragam jenis di
Indonesia. Buah ini memiliki flavor dan warna khas yang menjadi daya tarik bagi
konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil sensori aroma dan
rasa terkait preferensi konsumen terhadap buah mangga Arumanis, Bacang,
Indramayu, Gedong, dan Kweni serta korelasinya dengan nilai L (kecerahan) dan
oHue. Profil sensori deskripsi ditentukan melalui uji sensori metode QDA
sedangkan preferensi konsumen ditentukan dengan uji sensori metode uji rating
hedonik. Uji warna ditentukan menggunakan Chromameter. Profil sensori
ditentukan oleh 15 panelis terseleksi sedangkan preferensi konsumen oleh 70
panelis umum. Hasil QDA menunjukkan bahwa 5 sampel mangga terbagi atas 2
kelompok. Kelompok pertama adalah Arumanis, Gedong, dan Indramayu dengan
deskripsi sensori rasa manis, dan aroma fruity, honey, juicy, mango, ripe, sweet.
Kelompok kedua adalah Bacang dan Kweni dengan deskripsi sensori rasa asam,
sepat, pahit, dan aroma lemon, starchy, woody. Mangga yang memiliki preferensi
paling tinggi ialah varietas Indramayu dengan skor 5 (agak suka). Korelasi antara
nilai kecerahan dan oHue dengan profil sensori dan preferensi konsumen
ditentukan dengan uji korelasi Pearson menggunakan SPSS. Nilai L (kecerahan)
berkorelasi positif dengan profil sensori atribut rasa asam, sepat, pahit dan aroma
starchy namun berkorelasi negatif dengan preferensi konsumen atribut sensori
aroma, rasa, dan overall. Nilai oHue (derajat warna) berkorelasi positif dengan
profil sensori atribut aroma juicy, honey, dan mango serta berkorelasi positif
dengan preferensi konsumen atribut rasa dan overall.