Strategi Peningkatan Citra Pondok Pesantren (Studi Kasus di Kabupaten Pati, Jawa Tengah)
Abstract
Tingginya persaingan meningkatkan minat konsumen untuk belajar di
pondok pesantren, menyebabkan adanya upaya dalam pengembangan pondok
pesantren. Keterbatasan sumberdaya yang dimiliki pondok pesantren menyebabkan
kendala dalam pengembangan pondok pesantren. Adanya kendala pengembangan
pondok pesantren menyebabkan timbulnya upaya pondok pesantren dalam
meningkatkan citranya. Tujuan penelitian ini untuk menentukan strategi
peningkatan citra pondok pesantren. Data yang digunakan adalah data primer yang
diperoleh melalui pengamatan langsung, dan kuisioner serta data sekunder yang
diperoleh melalui buku dan literatur lain. Alat analisis yang digunakan adalah
Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menujukkan bahwa
penerapan strategi dapat dilakukan dengan priority setting dengan penerapan secara
bertahap. Urutan Prioritas yang terbentuk adalah: (1) pengembangan kualitas
tenaga pendidik, (2) pengembangan fasilitas pendidikan, (3) kerjasama
pengembangan kurikulum, dan (4) publikasi pondok pesantren.
Collections
- UT - Management [3354]