Analisis Strategi Experiential Marketing terhadap Intensitas Pembelian Berulang pada Konsumen Amanda Brownies di Bogor
Abstract
Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap
perusahaan adalah menarik pelanggan dan dapat mempertahankan pelanggan
tersebut. Strategi Experiential Marketing akan berdampak positif pada intensitas
pembelian berulang oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh sense (panca indra), feel (perasaan), think (cara berpikir), act
(kebiasaan) dan relate (pertalian) terhadap intensitas pembelian berulang produk
amanda brownies. Kuisoner disebarkan kepada konsumen Amanda Brownies
dengan menggunakan skala Likert 5-4-3-2-1. Penelitian ini menggunakan metode
purposive sampling dengan sampel penelitian berjumlah 100 orang yang
merupakan konsumen Amanda Brownies. Metode analisis yang digunakan adalah
regresi linier berganda, dengan menggunakan uji hipotesis uji F dan uji t. Hasil
penelitian didapatkan persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 0,890 + 0,198
X1 + 0,171 X2 + 0,015 X3 + 0,053 X4 + 0,251 X5. Hasil uji t menunjukkan bahwa
variabel relate (pertalian), sense (panca indra) dan feel (perasaan) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap intensitas pembelian berulang, sedangkan variabel
think (cara berpikir) dan Act (kebiasaan) tidak berpengaruh signifikan terhadap
intensitas pembelian berulang.