Pengembangan Pasar Produk Pellet Hijauan Indigofera Zollingeriana
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan konsumen,,
menemukan segmen pelanggan, dan menawarkan solusi untuk permasalahan
konsumen untuk produk pellet hijauan Indigofera zollingeriana. Metode yang
digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode riset aksi dengan
tahapan pengembangan pasar yang terdiri atas perancangan hipotesis model bisnis,
pengujian masalah sebanyak 20 responden, pengujian solusi, dan verifikasi.
Adapun permasalahan utama, diantaranya: harga pakan konsentrat yang
cenderung mahal, peningkatan ADG (Average Daily gain)/ penambahan bobot per
hari nya yang tidak sesuai harapan, dan pakan yang kurang praktis. Produk pakan
pellet hijauan Indigofera zollingeriana menawarkan solusi tersebut. Hasil
pengujian solusi menunjukkan produk pakan pellet hijauan Indigofera
zollingeriana sesuai dengan pelanggan dan harga penjualan yang diminati, yakni
Rp 4 600/kg.