Pengaruh Brand Positioning Produk Terhadap Keputusan Pembelian Roti “Unyil” Venus
Abstract
"Roti Unyil" adalah roti yang terkenal di antara roti kecil di Indonesia.
Venus "Unyil" adalah salah satu toko roti yang mempopulerkan roti berukuran
kecil, pergeseran tren ke mengkonsumsi porsi roti yang kecil dengan rasa modern.
Keberhasilannya kemudian mempromosikan brand positioning sebagai salah satu
strategi penting untuk membangkitkan minat dalam pikiran konsumen untuk
pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand positioning
roti “Unyil” Venus dan variabel brand positioning yang paling dominan yang
paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, uji F dan uji t. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan dari Venus
roti dengan sampel 100 orang. Studi ini menemukan bahwa persamaan regresi
adalah Y = 24,513 + 0.195X1 + 0.124X2 + 0.305X3. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa keunikan asosiasi merek dan keunggulan asosiasi merek
memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil
penelitian menunjukkan hubungan variabel keunggulan adalah pengaruh yang
paling dominan dengan memperhatikan harga dan manfaat produk.