Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Pedoman Gizi Seimbang pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi melalui media audio visual berupa video terkait Pedoman Gizi Seimbang (PGS) terhadap pengetahuan dan sikap gizi pada siswa sekolah dasar. Contoh penelitian ditentukan secara purposive sampling, yaitu sebanyak 76 siswa kelas 5 di SDN Panaragan 1 dan 2 Kota Bogor. Tahapan penelitian terdiri dari pre test, intervensi, post test 1, dan post test 2 dengan desain penelitian quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Pengetahuan dan sikap gizi contoh diperoleh menggunakan kuesioner. Hasil analisis dengan uji statistik Wilcoxon pada pengetahuan dan sikap gizi menunjukkan jika media video berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap gizi contoh. Pengetahuan gizi contoh meningkat secara signifikan dari 74.5 menjadi 86.9 pada post test 1, dan 82.7 pada post test 2. Sikap gizi contoh meningkat secara signifikan dari 86.9 menjadi 91.5 pada post test 1, dan 90.1 pada post test 2.
Collections
- UT - Nutrition Science [2865]