Strategi Peningkatan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus CV X)
View/ Open
Date
2016Author
Rizkina, Fitriana Dina
Maarif, M. Syamsul
Darmawan, M. Arif
Metadata
Show full item recordAbstract
CV X sebagai Usaha Kecil dan Menengah dalam bidang jus buah belum
memiliki visi, misi dan strategi yang jelas serta rawan mengalami krisis dengan
kurangnya peningkatan laba perusahaan menjadi hal krusial bagi UKM. Tujuan
penelitian ini adalah menganalisis suatu peta strategi peningkatan kinerja,
merumuskan sasaran strategi peningkatan kinerja, mengidentifikasi ukuran kinerja
dan menganalisis inisiatif strategi peningkatan kinerja UKM yang
direkomendasikan. Pendekatan yang digunakan adalah balanced scorecard, yaitu
suatu alat manajemen kinerja yang bisa membantu sebuah organisasi untuk
menerjemahkan visi dan misi menjadi inisiatif strategi dengan memanfaatkan
sekumpulan indikator keuangan dan non keuangan yang semuanya terjalin dalam
suatu hubungan sebab-akibat. Inisiatif strategi yang direkomendasikan berdasarkan
empat perspektif balanced scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif
pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Metode pengumpulan data meliputi data primer (obsevasi lapang dan wawancara)
dan data sekunder (studi literatur) dengan analisis data menggunakan analisis AHP.
Strategi yang dapat direkomendasikan adalah pada aspek pertumbuhan dan
pembelajaran dengan sasaran strategi peningkatan kepuasan kerja karyawan dan
peningkatan kapabilitas karyawan serta inisiatif strategi yang direkomendasikan
berdasarkan penelitian ini.