Analisis Kinerja Rantai Pasok Daging Ayam Di Pt Bp
Abstract
Kinerja rantai pasok yang tinggi dapat meningkatkan daya saing pada suatu perusahaan. Pengukuran kinerja rantai pasok penting dilakukan untuk mengetahui kinerja manajemen rantai pasok, mengevaluasi masalah, hingga menyediakan solusi dari permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja rantai pasok dan menyusun strategi peningkatan kinerja rantai pasok pada PT BP. Penelitian ini dimulai dengan melakukan identifikasi terhadap konfigurasi rantai pasok yang ada dan analisis nilai tambah pada bahan baku. Selanjutnya, pengukuran kinerja rantai pasok dilakukan dengan metode SCOR-AHP dan metode DEA. Penyusunan strategi peningkatan kinerja rantai pasok dilakukan dengan kombinasi metode SWOT dan AHP. Manajemen rantai pasok di PT BP masih tergolong baru, sehingga tidak ada pembanding kinerja rantai pasok sebelumnya. Nilai dari kinerja rantai pasok PT BP adalah sebesar 79.16% dan tergolong kurang. Perbaikan potensial terdapat pada matrik kinerja penyesuaian rantai pasok atas, penyesuaian rantai pasok bawah, dan waktu siklus pengiriman. Hasil evaluasi faktor internal dan eksternal menunjukkan bahwa PT berada pada posisi kuadran I (+0.942;+2.401). Alternatif strategi yang disarankan adalah menerapkan TQM (Total Quality Management), konsisten menggunakan sumber daya alam yang berkualitas, melakukan smart promotion, menerapkan cold supply chain, dan membentuk tim R&D (Research and Development) untuk pengembangan produk yang variatif, kompetitif, dan sehat.