Pemanfaatan Pati Sagu (Metroxylon sagu) dan Koro Pedang (Canavalia ensiformis) Dalam Produk Sup Krim Instan.
View/ Open
Date
2015Author
Wangi, Mega Puspa
C.C Nurwitri
Purwan, Endang Yuli
Metadata
Show full item recordAbstract
Sagu dan koro pedang merupakan komoditas lokal yang potensial untuk dikembangkan menjadi produk pangan. Salah satunya adalah menjadi sup krim instan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan pati sagu dan koro pedang dalam pembuatan produk sup krim instan, mendapatkan formula terpilih, menguji daya cerna pati dan protein secara in vitro, dan melakukan karakterisasi kimia, fisik, dan organoleptik. Bahan-bahan penyusun sup krim instan adalah air kaldu ayam, susu full cream, pati sagu fakale, pati sagu pregelatinisasi (sagu lempeng ambon), tepung tempe koro pedang, garam, butter, gula, dan lada bubuk. Tahapan penelitian ini terdiri dari tahap penelitian pendahuluan (analisis profil gelatinisasi pati) dan penelitian utama (formulasi sup krim instan, analisis organoleptik, proksimat, daya cerna pati in vitro, daya cerna protein in vitro, dan fisik). Hasil analisis kimia menunjukkan sup krim instan pati sagu fakale memiliki kadar air 3.08±0.01%(bb), abu 4.15±0.01%(bb), protein 15.06±0.10%(bb), lemak 14.11±0.01%(bb), karbohidrat 63.60±0.12%(bb), daya cerna protein 16.47%, dan daya cerna pati 76.48%. Sup krim instan pati sagu pregelatinisasi memiliki kadar air 2.38±0.02%(bb), abu 4.76±0.03%(bb), protein 10.62±0.16%(bb), lemak 9.67±0.02%(bb), karbohidrat 72.57±0.17%(bb), daya cerna protein 12.23%, dan daya cerna pati 79.39%. Kedua produk sup krim instan pati sagu ini telah memenuhi SNI sup krim instan dalam hal kadar air, lemak, dan protein. Hasil pengukuran rendemen, daya rehidrasi, dan viskositas untuk sup krim instan pati sagu fakale berturut-turut adalah 20.69%, 0.87 mL/g, dan 782 cP. Sedangkan untuk sup krim instan pati sagu pregelatinisasi adalah 19.05%, 1.63 mL/g, dan 917 cP. Analisis warna untuk kedua produk menghasilkan nilai hue pada kisaran merah-kuning. Uji organoleptik rating hedonik pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan kedua produk tidak berbeda nyata dan memiliki skor penilaian pada kisaran agak suka hingga suka.