Pengembangan Pasar Minuman Dark Chocolate Instan
View/ Open
Date
2015Author
Maulidiansyah, Aldi
Hambali, Erliza
Hermawan, Aji
Metadata
Show full item recordAbstract
Coklat merupakan salah satu sumber antioksidan tertinggi yang mengandung kadar polifenol hingga 13%. Jenis dark chocolate semakin populer karena memiliki khasiat dan rasa pahit yang khas. Dewasa ini, coklat biasa dikonsumsi sebagai minuman instan namun pasar bisnis produk ini di Indonesia masih dalam tahap pengembangan. Tujuan penelitian ini yakni merancang model bisnis pengembangan produk minuman dark chocolate instan. Metode yang digunakan adalah pendekatan riset aksi dengan mengolah data primer hasil wawancara. Permasalahan yang ditemukan di masyarakat yakni produk minuman cokelat yang ada di Indonesia saat ini yang sebagian menggunakan bahan sintetik dan gula pasir berkalori tinggi yang dapat menimbulkan banyak dampak negatif. Konsumen menginginkan konsumsi minuman cokelat yang enak dan sehat. Berdasarkan uji masalah diperoleh konsumen potensial sebesar 66%. Hasil verifikasi kanvas model bisnis menghasilkan value propositions produk ini diantaranya rendah indeks glikemik, rendah kalori, aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena diproduksi menggunakan gula kelapa, tanpa bahan pengawet atau perasa buatan, tersedia dalam varian rasa dan praktis. Customer segments produk ini ialah orang dewasa berusia 24 tahun keatas dengan tingkat ekonomi menengah keatas. Channel melalui agen, supermarket, kafe, restoran dan hotel. Revenue stream didapatkan dari penjualan produk. Hasil perhitungan analisis finansial menunjukkan HPP berkisar Rp 1.306 per sachet untuk kapasitas 5.000 sachet per hari dengan harga jual adalah Rp 6.000 per sachet.