Pengembangan Pasar Produk Pangasius Fish Snack dengan Pendekatan Riset Aksi
View/ Open
Date
2014Author
Febriani, Annalisa Prastika
Hermawan, Aji
Nurilmala, Mala
Metadata
Show full item recordAbstract
Pangasius Fish Snack adalah suatu produk inovasi berbentuk makanan ringan ekstrudat yang terbuat dari ikan patin (Pangasius sp). Inovasi tersebut dilatarbelakangi oleh produksi ikan patin yang melimpah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kanvas model bisnis terbaik dengan menggunakan pendekatan metode riset aksi untuk Pangasius Fish Snack. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan perancangan hipotesis model bisnis, pengujian masalah, pengujian solusi, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat permasalahan responden yaitu tambahan zat aditif yang berbahaya pada makanan ringan, kualitas dan keamanan yang belum terjamin, kandungan gizi yang kurang, dan sulitnya konsumsi ikan. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa Pangasius Fish Snack dapat menjadi solusi terhadap permasalahan. Segmen yang dituju yaitu anak-anak yang memiliki orang tua yang peduli terhadap kualitas makanan ringan dan makanan yang dikonsumsi oleh anak sehari-hari. Saluran penjualan yang diminati adalah di kantin sekolah dan warung.