Analisis Efektifitas Word of Mouth Marketing ditlam Mempertahankan Pasar Roti "Unyil" Venus Bogor
Abstract
Perusahaan roti "Unyil" Venus berdiri pada tahun 1992 dengan status kepemilikan sendiri merupakan toko yang menjual berbagai macam produk roti dengan produk utama roti yang berukulan kecil dan diberi nama roti "Unyil" Venus. Perusahaan ini berada di jalan Sukasari Bogor yang merupakan toko pusat dari usaha ini. Perusahaan dikelola oleh anggota keluarga pemilik. Hingga saat ini, perusahaan ini telah memproduksi 30 macam variasi rasa. Selain itu, perusahaan pun memproduksi roti tawar, roti sobek, dan produk makanan camilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran, menganalisis efektivitas strategi promosi Word of Mouth (WOM), dan memberikan masukan kepada perusahaan roti "Unyil" Venus untuk mempertahankan pasamya. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner pada 100 pelanggan dan wawancara langsung dengan pihak manajemen perusahaan. Setelah data terkumpul, sebagian data diolah menggunakan program SPSS dengan menggunakan metode CFA (Confirmatory Factor Analysis). Sebagian data yang lain ditabulasikan dan direpresentasikan dalam bentuk chart. Word of Mouth (WOM) marketing merupakan sebuah model dalam penyampaian informasi secara verbal, khususnya perekomendasian yang bersifat informal dengan cara person-to-person. Informasi yang diterima calon konsumen lain membentuk awareness pada calon konsumen tersebut. Hal ini merupakan fase awal dimana konsumen melakukan keputusan pembelian. Adapun faktor-faktor yang menciptakan stimulus bagi konsumen untuk teIjadinya WOM diantaranya karena adanya informasi yang dibutuhkan oleh kosumen, komunikasi spontan (tidak terencana), ketidakpuasan ataupun kepuasan sender sebagai konsumen yang pemah mengkonsumsi, dan pendapat yang tidak diminta oleh receive. Dalam penelitian ini pengujian efektifitas WOM marketing berdasarkan pada awareness dengan menilai top of mind dari konsumen mengenai produk roti "Unyil" Venus diikuti penilaian terhadap stimulus yang menyebabkan terjadinya WOM marketing. Penilaian stimulus terdiri dari penilaian terhadap kepuasan dan ketidakpuasan dan sumber WOhl, yang mencakup penilaian terhadap intensitas pembelian produk dan perekomendasian.