Aplikasi siklus PDCA (Plan, Do, Check and Action) dalam upaya peningkatan mutu ayam goreng kremes (studi kasus di kedai ayam kremes "pinarak", Semarang)
Abstract
Dewasa ini, banyak rumah makan yang menyediakan ayam kremes sebagai pilihan menu. Setiap rumah makan memiliki ciri khas masing-masing dalam menyajikan ayam goreng kremesnya, namun persaingan usaha tetap tidak bisa dihindari karena target pasar untuk produk ini bisa dikatakan sama. Oleh karena itu, jika industri ingin tetap eksis di tengah persaingan ini, mau tidak mau industri hams tents menerus meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya. Pada penelitian ini, dilakukan studi tentang usaha peningkatan kualitas produk menggunakan langkah-langkah peningkatan mutu berupa siklus PDCA @an, do, check and action) dengan Diagram Ishikawa sebagai alat bantu usaha peningkatan mutu. Studi kasus dilalcckan di kedai ayam kremes " P I N W yang berlokasi di Ngaliyan, Semarang. Sebagai acuan, dalam usaha perbaikan mutu ayam goreng kremes "PINARAK", dilakukan penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) proses pembuatan ayam goreng kremes "PINARAK" tersebut. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah diperoleh keluaran berupa Standnrd Operating Procedures (SOP) proses pembuatan ayam goreng kremes "PINARAK" yang telah memuat alternatif solusi perbaikan mutu guna meningkatkan kualitas produk.