Preferensi Konsumen terhadap Produk Tauco Studi Kasus di Produsen Tauco H.M. Djajuli Putra, Cianjur
Abstract
Persaulgan produk tauco di pasar cukup ketat, ha1 ini disebabkan karena selain tauco sebagai bumbu niasak cukup digemari masyaralcat, teknologi pkmbuatan tauco juga tidalc terlalu ruinit, sebiligga banyak industri yang tertarik memasuki usaha ini teniiasulc industri lumali tanaa. Perusahaan tauco H.M.Djajuli Putra, sebagai salah satu produsen tauco di Cialijur, menginginkali agar produknya dapat unggul pada persaingan di pasar, oleh Itarena itu salah satu strategi yalig alcan dilalcultan adalah pengeliibangan produk tauco yang diprodulcsinya. Maka sebagai langkah awal dilakukanlah penelitian liiengenai preferensi kollsuliiell terhadap produk tauco. Tujuan penelitian ini adalall untuk mengidentifikasikan atribut produk tauco yang tliingilika~i konsumen, keniudian nlenyusun prioritas pemilihan Iconsumen terliadap atribut produk tersebut, dan nleniberi liiasukan alternatif bauran penlasaran produk tauco yang sesuai dengan preferensi kotisuluen bagi perusahaan. Hasil survei yang dilaltuka~l dengall ~nenyebarkali 225 kuesioner lnenulljukali bahwa liiayoritas responden yang mengisi lcuesioller adalah wanita (71%), deligan uniur 15-24 tahun (40,4%). Mayoritas latar belakang pendidiltan responden adalah SMA (34,9%) dan mayoritas pekerjaan responden adalah ibu m ~ i a hta ngga dan pelajar/n~aIiasiswa( 52,6%), dengall rata-rata pengeluaral~ plibadi per bulan sebesar Rp 100.000 - Rp 300.000 (51,1%). Hal-ha1 yang dipe~timbanglw~rel sponden dalanl me~iiilihp roduk yalig alcan dibelinya adalah kualitas produlc sebagai prioritas pertama, liarga terjangkau sebagai prioritas kedua, kenludahan lnemperoleh sebagai prioritas ketiga, keterke~ialann ierek sebagai prioritas iceempat, dan penampila11 luar sebagai prioritas kelima.