Penentuan Strategi Bersaing Ekspor Buah-Buahan Eksotik Indonesia Menggunakan Teknik Analytical Hierarchy Process
Abstract
Indonesia memiliki koleksi buah-buahan yang beragam dengan produksi rata-rata sebanyak lima juta ton setahun. Hal ini merupakan suatu potensi yang sangat besar untuk dapat dikembangkan mengingat peningkatan kesadaran masyarakat akan gizi telah menyebabkan permintaan dunia untuk buah tropis terus meningkat. Hal tersebut membuka peluang bagi Indonesia untuk memenuhi permintaan tersebut. Tingginya tingkat persaingan yang terjadi dalam pasar internasional dan herbagai kendala yang dihadapi buah tropis Indonesia, terutama pada penanganan pasca panen, kualitas dan kuantitas produk maka diperlukan strategi bersaing yang tepat untuk dapat mengantisipasi ha1 tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memilih buah eksotik Indonesia yang paling potensial dalam pasaran ekspor, mempelajari faktor-faktor yang berpengaruh dalam persaingan ekspor buahbuahan serta memilih strategi bersaing yang tepat dengan memperhatikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada. Penentuan strategi bersaing ekspor ini dirancang dengan menggunakan teknik pendekatan sistem, analisis SWOT dan teknik proses hirarki analitik. Teknik pendekatan sistem dan identifikasi SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang penting dalam pemasaran ekspor buah eksotik. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor internal (kekuatan &an kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman). Teknik proses hirarki analitik digunakan untuk memudahkan permodelan prioritas permasalahan dan mengetahui alternatif strategi bersaing.