Strategi Pengelolaan Tenaga Kerja Penjualan Tatap Muka Langsung (Personel Selling) untuk Meningkatkan Efektivitas Perusahaan (Kasus : P.T. Andalan Mas Tani Maju)
Abstract
Keberhasilan suatu strategi pemasaran ditentukan oleh tenaga kerja penjualan yang efektif. Kualitas tenaga kerj a penjualan sangat berpengaruh dalam keberhasilan penjualan. Fungsi manajemen personalia penjualan adalah menentukan proses manaj emen pada tenaga kerj a penj ualan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Pengelolaan tenaga kerja penjualan dilaksanakan untuk meningkatkan efektivitas kerja. Pengelolaan tenaga kerja penjualan tatap muka langsung terdiri dari sistem rekruitmen dan seleksi, sistem motivasi dan sistem pelatihan. Penelitian dilakukan dengan metoda Proses Hirarlci Analitik. Pengambilan data dilalcukan dengan membuat kuesioner. Data diolah dengan paket program Expert Choice versi 8.2